EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Metode dan Strategi Yang Digunakan Guru pada Pembelajaran Fiqih di Kelas 5 MI Miftahul Ulum Kintap

Kiptiyah, Mariatul (2023) Metode dan Strategi Yang Digunakan Guru pada Pembelajaran Fiqih di Kelas 5 MI Miftahul Ulum Kintap. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN_MARIATUL KIPTIYAH.pdf

Download (207kB)
[img] Text
AWAL_MARIATUL KIPTIYAH.pdf

Download (700kB)
[img] Text
ABSTRAK_MARIATUL KIPTIYAH.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB 1_ MARIATUL KIPTIYAH.pdf

Download (569kB)
[img] Text
BAB II_ MARIATUL KIPTIYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (686kB)
[img] Text
BAB III_MARIATUL KIPTIYAH.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB IV_ MARIATUL KIPTIYAH.pdf

Download (686kB)
[img] Text
BAB V_MARIATUL KIPTIYAH.pdf

Download (156kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_MARIATUL KIPTIYAH.pdf

Download (534kB)
[img] Text
LAMPIRAN_MARIATUL KIPTIYAH.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh metode dan strategi pembelajaran yang digunakan guru berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar siswa dalam ruang lingkup mata pelajaran fiqih di kelas 5 MI Miftahul Ulum Kintap. Jenis penelitian yang dilakukan oleh penulis dalam hal ini adalah penelitian lapangan (field research), yang bersifat deskriptif yakni menggambarkan apa adanya yang sesuai dengan kenyataan faktual yang ditemukan di lapangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan guru pada pembelajaran fiqih di kelas 5 MI Miftahul Ulum Kintap, yaitu metode ceramah, metode diskusi kelompok, metode tanya jawab, dan metode penugasan. Penggunaan metode ini karena dapat mempermudah siswa untuk memahami materi yang diajarkan dengan memanfaatkan situasi yang dapat memberikan siswa pembelajaran bermakna dan bermanfaat. Dengan menggunakan metode diskusi kelompok siswa dapat bertukar pikiran atau pendapat, yang mana metode pembelajaran ini dapat menarik dan mendorong siswa untuk berinteraksi dan saling membantu memahami pendapat yang berbeda. Sedangkan metode tanya jawab dan penugasan digunakan agar dapat mendorong siswa menemukan sendiri pengetahuan atau konsep baru, juga memberikan pengarahan bagaimana siswa dapat memahami atau menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah dipelajari. Strategi yang digunakan guru pada pembelajaran fiqih di kelas 5 MI Miftahul Ulum Kintap, yaitu strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Scientific Learning. Stategi pembelajaran CTL melibatkan siswa secara penuh dan menghubungkan materi yang dipelajari dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari�hari, dan tujuan belajar dapat lebih mudah tercapai. Sedangkan pendekatan Scientific Learning guru menjelaskan materi yang dipelajari dengan mengaitkannya pada fakta-fakta ilmiah. Faktor yang mendukung dalam penggunaan metode dan strategi yang digunakan pada pembelajaran fiqih disini ialah adanya buku ajar dan media LCD untuk mempermudah dalam pelaksanaan pembelajaran. Sedangkan faktor yang menghambat yaitu ketika menerapkan metode dan strategi yang digunakan dalam pembelajaran fiqih ialah sebagian kecil siswa kurang memperhatikan dan menanggapi pembelajaran yang sedang dilaksanakan.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 16 Jan 2024 06:39
Last Modified: 16 Jan 2024 06:39
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/25754

Actions (login required)

View Item View Item