EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR KOSA KATA BAHASA ARAB DENGAN MEDIA PUZZLE KELAS IV DI MIN 3 BANJARMASIN

Afif Agistiannur, Muhammad (2024) UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR KOSA KATA BAHASA ARAB DENGAN MEDIA PUZZLE KELAS IV DI MIN 3 BANJARMASIN. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (495kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (492kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (593kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (503kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (305kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Media pembelajaran berupa Puzzle dapat menjadi pendukung peserta didik dalam proses pembelajaran Bahasa Arab, Puzzle merupakan salah satu mediabelajar dan bahan ajar, Media Puzzle adalah sumber belajar dan bahan ajar yangdapat membuat pembelajaran menjadi lebih kontekstual, kongkret bermakna,sesuai dengan paradigma belajar konstruktivisme. Dengan media puzzle akanmengatasi kesulitan belajar pembelajaran kosa kata bahasa arab kelas IV MIN 3Banjarmasin. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana Upaya Guru DalamMengatasi Kesulitan Belajar Kosa Kata Bahasa Arab dengan Media Puzzle KelasIV MIN 3 Banjarmasin serta faktor pendukung dan penghambat dalam UpayaGuru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Kosa Kata Bahasa Arab dengan MediaPuzzle Kelas IV MIN 3 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan penelitianlapangan dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guruBahasa Arab kelas IV, empat orang siswa kelas IV MIN 3 Banjarmasin, daninforman tambahan kepala Sekolah MIN 3 Banjarmasin. Sedangkan objekpenelitiannya adalah Penggunaan Media Puzzle dalam mengatasi kesulitan belajarkosa kata bahasa arab, Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dandokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajiandata, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kesulitan belajar peserta didik.(2) Dalam pembelajaran Bahasa arab guru membuat perencanaan pembelajaranberupa RPP. (3) Pada pelaksanaan pembelajaran guru menggunakan MediaPuzzle. (4) Pada evaluasi pembelajaran Bahasa Arab dilakukan dengan pre test,post test, tes formatif dan tes sumatif. Faktor pendukung: Motivasi dari guru danorang tua serta semangat belajar peserta didik, Fasilitas dan prasana pembelajaranyang menunjang, dan Guru yang berkualitas. Adapun faktor penghambat: Siswayang keasyikan belajar sehingga memakan waktu pelajaran selanjutnya, Pesertadidik kurang fokus dalam proses pembelajaran, dan Kurangnya media puzzledalam pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: FAHMI FAHMI FAHMI
Date Deposited: 18 Apr 2024 00:38
Last Modified: 18 Apr 2024 00:44
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/26437

Actions (login required)

View Item View Item