EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Strategi Rekrutmen dan Seleksi Peserta Didik Baru di MTsS Muhammadiyah 3 Al-Furqan Banjarmasin

M. Fahmi, M. Fahmi (2024) Strategi Rekrutmen dan Seleksi Peserta Didik Baru di MTsS Muhammadiyah 3 Al-Furqan Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
KEASLIAN TULISAN M.FAHMI.pdf

Download (181kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (133kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (453kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (210kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (295kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (101kB)
[img] Text
Dapus.pdf

Download (159kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Sebagai bentuk upaya meningkatkan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) strategi kepala madrasah perlu diterapkan sebagai langkah awal untuk mencapai sasaran. Strategi ini dilakukan agar lembaga pendidikan atau sekolah tidak kekurangan peserta didik karena dalam satu daerah pasti memiliki lebih dari satu sekolah yang setara sehingga akan menimbulkan persaingan. Berdasarkan data penerimaaan peserta didik baru pada sekolah MTsS Muhammadiyah 3 Al-Furqan banjarmasin diketahui bahwa pada tiga tahun terakhir terlihat seperti fluktuatif yang menggambarkan bahwa angka penerimaan peserta didik baru tersebut masih belum berada tahap peningkatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa yang dipakai oleh MTsS Muhammadiyah 3 Al-Furqan dalam rekrutmen peserta didik baru . jenis penelitian kulitatif deskriptif. Penelitian ini dikatakan bersifat deskriptif karena tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengangkat fakta/keadaan yang terjadi saat dilakukan penelitian dan menyajikan apa adanya. Informan atau sumber informasi dalam penelitian ini yaitu kepala madrasah, wakamad kesiswaan, dan ketua panitia PPDB di MTsS Muhammadiyah 3 Al-Furqan Banjarmasin. Dalam penelitian dengan pendekatan kualitatif maka instrumen penelitian yang digunakan adalah peneliti itu sendiri atau dikenal sebagai human instrument. Secara garis besar, MTsS Muhammadiyah 3 Al-Furqan melaksanakan strategi rekrutmen dengan dua cara, yaitu dengan strategi promosi dan strategi seleksi. Strategi promosi dilaksanakan dengan mengedepankan aspek prestasi sekolah dan siswa, kemudian juga sarana dan prasarana serta aspek penunjang lainnya sebagai bagian dari bahan promosi. Secara keseluruhan Strategi yang digunakan kepala MTsS Muhammadiyah 3 Al-Furqan meliputi strategi Intern dan Strategi Ekstern. Strategi intern dilakukan melalui, perbaikan sarana dan prasarana madrasah, menampilkan lingkungan madrasah yang menarik. Strategi ekstern dilakukan melalui sosialisasi, pemasangan spanduk, penyebaran brosur. Selain itu juga dilakukan kunjungan serta koordinasi ke sekolah-sekolah sasaran PPDB. Kendala-kendala dalam perekrutan peserta didik di MTsS Muhammadiyah 3 Al-Furqan tidak bersifat fatal dan bisa di atasi serta kepala madrasah melakukan evaluasi tiap tahunnya untuk menentukan keberhasilan rekrutmen yaitu jumlah siswa, kualitas dan kriteria siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 23 Jul 2024 00:38
Last Modified: 23 Jul 2024 00:38
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27339

Actions (login required)

View Item View Item