EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Bimbingan Keagamaan di Pondok Pesantren Nuruzh Zholam Tahfidz Al-Qur’an Kabupaten Seruyan Kalimantan Tengah

Khairunnisa, Khairunnisa (2024) Bimbingan Keagamaan di Pondok Pesantren Nuruzh Zholam Tahfidz Al-Qur’an Kabupaten Seruyan Kalimantan Tengah. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (239kB)
[img] Text
AWAL-1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (412kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (810kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (518kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (286kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (396kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi atas pemikiran bahwa bimbingan keagamaan yang diberikan kepada santri di Pondok Pesantren Nuruzh Zholam Tahfidz Al-Qur’an sangatlah bermanfaat dan berperan dalam meningkatkan kualitas ibadah, aqidah dan akhlaq. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk bimbingan keagamaan di Pondok Pesantren Nuruzh Zholam Tahfidz Al-Qur’an dan apa saja kendala dalam bimbingan keagamaan di Pondok Pesantren Nuruzh Zholam Tahfidz Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif (field research), dengan langsung kelapangan untuk menggali data yang diperlukan sesuai masalah yang diteliti. Teknik pengumpulan data atas observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data dengan melalui proses koleksi data, editing data, klasifikasi data serta deskripsi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bentuk bimbingan keagamaan yang diberikan kepada santri terbagi menjadi tiga yaitu bimbingan ibadah, bimbingan aqidah dan bimbingan akhlaq. Pertama bimbingan ibadah meliputi bimbingan sholat, menghafal Al-Qur’an, tilawah Al-Qur’an, dzikir dan sholawat, kifayah (penyelenggaraan jenazah) dan tasmiyah, dan membaca kitab kuning. Yang kedua bentuk bimbingan aqidah meliputi pengajian keagamaan. Kemudian yang ketiga bimbingan akhlaq meliputi bimbingan akhlaq terhadap guru dan akhlaq terhadap teman. Sedangkan pelaksanaan bimbingan keagamaan menggunakan metode ceramah, nasihat, tanya jawab, demonstrasi, keteladanan dan pembiasaan. Kendala dalam bimbingan keagamaan terbagi menjadi dua, yang pertama kendala bagi santri meliputi kurangnya konsentrasi dan perhatian dalam pembelajaran, pengucapan yang berbeda-beda, tidak mematuhi peraturan dan tata tertib serta kesehatan. Selanjutnya kendala bagi pembimbing meliputi kurangnya tenaga pengajar dan kurangnya pemberian motivasi dari pembimbing terhadap santri.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Mahyuddinnor S.I.Pust
Date Deposited: 01 Aug 2024 06:58
Last Modified: 01 Aug 2024 06:58
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27653

Actions (login required)

View Item View Item