EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Program Pencegahan Bullying pada Anak Usia Dini di PAUD Terpadu Karakter Tunas Bangsa Banjarbaru

Khotimah, Khusnul (2024) Program Pencegahan Bullying pada Anak Usia Dini di PAUD Terpadu Karakter Tunas Bangsa Banjarbaru. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (422kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (437kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (941kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (913kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (741kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (577kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (697kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (13MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena perilaku bullying yang mana sampai saat ini masih belum maksimal penanganannya. Pada era globalisasi, bullying telah menjadi salah satu permasalahan yang membara. Bullying di sekolah telah menjadi isu utama yang memerlukan perhatian yang serius dari pihak sekolah. Jika bullying tidak cepat untuk ditangani maka akan adanya dampak serius yang akan dialami oleh korban maupun pelaku bullying itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program pencegahan bullying pada anak usia dini di PAUD Terpadu Karakter Tunas Bangsa Banjarbaru, serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini yaitu kepala PAUD, Guru kelas B1 dan B2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Serta teknik keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa PAUD Terpadu Karakter Tunas Bangsa Banjarbaru menggunakan kurikulum BKBK (Berbasis Kompetensi dan Berpilar Karakter). Sebelum melaksanakan pembelajaran guru terlebih dahulu membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Program pencegahan bullying pada anak usia dini yang diterapkan di PAUD ini yaitu pembelajaran pendidikan karakter dengan mengajarkan 10 pilar karakter. Metode yang digunakan dalam pembelajaran pendidikan karakter ini ada knowing, feeling, dan acting. Evaluasi pembelajaran menggunakan teknik penilaian ceklis dan catatan anekdot. Sedangkan Indikator yang dinilai dalam perkembangan anak ketika menggunakan program pencegahan bullying ini yaitu dengan indikator karakter. Adapun Faktor pendukung dalam berjalannya program adalah adanya pembelajaran pendidikan karakter dan adanya kerjasama antara sekolah dan orang tua. Sedangkan faktor penghambat dalam berjalannya program adalah kurangnya pemahaman anak dan kurangnya pengawasan dari orang tua.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 26 Sep 2024 01:02
Last Modified: 26 Sep 2024 01:02
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27880

Actions (login required)

View Item View Item