EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Bacaan Al-Qur’an Isyarat bagi Penyandang Difabelitas Rungu Wicara di Rumah Belajar Kita Banjarmasin

Fadhlurrohman, Ahmad (2024) Bacaan Al-Qur’an Isyarat bagi Penyandang Difabelitas Rungu Wicara di Rumah Belajar Kita Banjarmasin. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (423kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (711kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (812kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (563kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (397kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (532kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Dalam komunitas Rumah Belajar Kita, para difabelitas diajarkan tentang ilmu keagamaan. Di antaranya fikih, tauhid, dan juga yang menjadi sorotan ialah pembelajaran membaca Al-Qur’an isyarat. Metode yang dilakukan dalam membaca Al-Qur’an pada komunitas ini berbeda, jika pada umumnya menggunakan lisan, pada komunitas ini menggunakan gerak tangan atau bahasa isyarat dalam membacanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian gerak isyarat bagi penyandang difabelitas rungu wicara dengan bacaan Surah Al-Fâtih̠ah, serta mengetahui kendala bagi penyandang difabelitas rungu wicara dalam menggerakkan gerak isyarat Surah Al-Fâtih̠ah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis pendekatan penelitian lapangan (field research). Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kesesuaian gerak isyarat bagi penyandang difabelitas rungu wicara dengan bacaan Surah Al-Fâtih̠ah di Rumah Belajar Kita Banjarmasin ditentukan oleh kesesuaian dalam menggerakkan gerak isyarat Al-Qur’an. Kesesuaian gerak isyarat Al-Qur’an bagi difabelitas rungu wicara dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya: (1) Surah Al-Fâtih̠ah dibaca berulang-ulang dalam sholat, sehingga mereka sudah terbiasa dalam menggerakkan isyarat bacaan Surah Al-Fâtih̠ah. (2) Dalam belajar Al-Qur’an isyarat Surah Al�Fâtih̠ah mereka memerlukan rentang waktu yang cukup lama mulai dari belajar membaca iqro’ sampai Al-Qur’an dengan gerak isyarat. Difabelitas rungu wicara dalam belajar Al-Qur’an Surah Al-Fâtih̠ah menggunakan media berupa kartu isyarat dan buku gerak isyarat Surah Al-Fâtih̠ah dengan judul Ta’lîm al-Qur’an al�Karîm li Shummi. Sedangkan metode yang digunakan yaitu metode individual dengan gerak isyarat Al-Qur’an dan BISINDO sebagai alat dalam berkomunikasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Mahyuddinnor, S.I.Pust
Date Deposited: 09 Oct 2024 01:32
Last Modified: 09 Oct 2024 01:32
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27911

Actions (login required)

View Item View Item