EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Manajemen Strategik Kepala Tata Usaha dalam Meningkatkan Mutu Layanan Administrasi Sekolah di SMAN 7 Banjarmasin

Firmansyah, M. Rafli (2024) Manajemen Strategik Kepala Tata Usaha dalam Meningkatkan Mutu Layanan Administrasi Sekolah di SMAN 7 Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (224kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (989kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (75kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (42kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Tata usaha sekolah mempunyai peranan penting bagi kelancaran administrasi sekolah, tata usaha sekolah perlu diperhatikan karena memiliki peranan dan fungsi yang strategis. Oleh karena itu adanya manajemen tata usaha dapat meningkatkan pelayanan administrasi agar berjalan secara maksimal. Eksistensi SMA Negeri 7 Banjarmasin adalah salah satu representasi dari lembaga pendidikan yang sudah memiliki manajemen tata usaha yang baik dan terstruktur sehingga layak untuk diteliti. Tujuan dari penelitian ini: (1) Untuk mengetahui perencanaan tata usaha dalam menjaga mutu layanan administrasi sekolah di SMA Negeri 7 Banjarmasin, (2) Untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan tata usaha dalam menjaga mutu layanan administrasi sekolah di SMA Negeri 7 Banjarmasin, (3) Untuk mengetahui dan menganalisis evaluasi tata usaha dalam menjaga mutu layanan administrasi sekolah di SMA Negeri 7 Banjarmasin. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, sedangkan teknis analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan tata usaha di SMA Negeri 7 Banjarmasin mencakup perekrutan pegawai tata usaha, pembagian tugas dan kewajiban, pelibatan warga sekolah, perumusan strategi pelaksanaan, serta perhatian terhadap kebutuhan dalam proses pelaksanaan. Pelaksanaan tata usaha dilakukan sesuai dengan bentuk layanan administrasi yang ada, dengan peran penting pemimpin dalam menggerakkan anggotanya, serta pemenuhan kebutuhan untuk meningkatkan pelayanan administrasi melalui strategi yang tepat dan identifikasi faktor pendukung. Evaluasi dilakukan dengan mereview ulang program kerja, mengidentifikasi kendala, dan memberikan solusi untuk mengatasi hambatan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pelayanan administrasi telah berjalan dengan baik, namun tetap diperlukan tindak lanjut untuk mengidentifikasi peluang dan meminimalisir kelemahan yang ada.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 11 Oct 2024 01:46
Last Modified: 11 Oct 2024 01:46
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27916

Actions (login required)

View Item View Item