EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembelajaran Fiqih pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Banjar

Mahyudi, Mahyudi (2018) Pembelajaran Fiqih pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Banjar. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (48kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (554kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (7kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan cara menghadapi kemampuan anak yang berbeda-beda dengan latarbelakang dan lingkungan keluarga yang berbeda, kurang siapnya siswa dalam belajar fiqih, kurangnya semangat belajar fiqih pada waktu-waktu tertentu, masih banyak siswa berbicara ketika pembelajaran fiqih. Pembelajaran fiqih ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang baik terhadap mata pelajaran fiqih itu sendiri, maka kemampuan praktek ibadahnya akan dapat terlaksana dengan baik. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Banjar dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran fiqih pada siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Banjar. Metode pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru yang mengajar mata pelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Banjar dan 10 perwakilan siswa yang mengikuti pelajaran tersebut, sedangkan objek penelitian ini adalah pembelajaran fiqih pada siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Banjarmasin. Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif, sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Untuk mengumpulkan data penulisan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi semua data yang terkumpul diproses melalui editing, klasifikasi data. Kemudian untuk mengalisis data penulis menggunakan analisis reduksi data (data reduction), display data, previkasi (penarikan simpulan). Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa dalam pembelajaran fiqih terlaksana dengan baik mengenai ibadah gahiru mahdah seperti hibah, hadiah, dan sedekah dengan melihat pada perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran yang mengacu pada kurikulum 2013. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran fiqih yaitu dari faktor intern meliputi faktor jasmaniah, dan faktor psikologis. Faktor ekstren yang meliputi faktor sekolah, faktor masyarakat, dan faktor keluarga.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mahyudi Mahyudi Mahyudi
Date Deposited: 20 Aug 2018 01:45
Last Modified: 20 Aug 2018 01:45
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10477

Actions (login required)

View Item View Item