EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pertarungan Narasi Gender dalam Film Dangal (Analisis Dekonstruksi Jacques Derrida)

Minah, Noor (2019) Pertarungan Narasi Gender dalam Film Dangal (Analisis Dekonstruksi Jacques Derrida). Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (261kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (737kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (158kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (430kB)

ABSTRAK

Penelitian ini bertolak dari film India Dangal yang berlatarbelakang cerita nyata tentang olahraga gulat wanita. Film ini berhasil memecahkan rekor sebagai film terlaris kedua dalam sejarah Bollywood. Film ini juga berhasil mempengaruhi 1000 wanita India untuk menjadi pegulat dan memperjuangkan hak-haknya sebagai wanita yang sebelumnya belum mereka dapatkan. Film ini merupakan kritik terhadap ketidakadilan gender yang terjadi di India. Bertolak dari kekuatan film yang peduli terhadap problem gender di India, maka kajian mendalam perlu dilakukan dalam bentuk penelitian yang menggunakan analisis Derrida. Rumusan masalah penelitian ini adalah: apa saja narasi gender dalam film Dangal dan bagaimana pertarungan narasi gender dalam film Dangal berdasarkan teori dekonstruksi Jacques Derrida. Sesuai dengan perumusan masalah, maka tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui apa saja narasi gender dalam film Dangal dan untuk mengetahui bagaimana pertarungan narasi gender dalam film Dangal melalui teori dekonstruksi Jacques Derrida. Penelitian ini merupakan kajian gender yang menggunakan pendekatan kualitatif. Objek materialnya berupa narasi gender film Dangal dan analisis dekonstruksi Jacques Derrida sebagai objek formal. Adapun sumber data primer dalam penelitian ini adalah narasi gender film Dangal dan sumber data sekundernya berupa literatur-literatur yang isinya relevan dengan materi pembahasan dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa, film Dangal mengemas isu gender dalam dua kategori. Pertama, ketidaksetaraan gender yang meliputi: subordinasi, marginalisasi, stereotipe, dan kekerasan. Kedua, emansipasi gender yang diawali dari sudut pandang gender, kemudian menjadi prinsip, sampai akhirnya memperjuangkan keadilan gender. Melalui dekonstruksi Jacques Derrida dapat dilihat bahwa, logosentrisme masyarakat membentuk sistem patriarki yang kokoh. Sistem ini dibentuk menggunakan oposisi biner antara penilaian baik vs buruk dalam memperlakukan perempuan. Berdasarkan metode differance pelabelan semacam itu kemudian ditangguhkan dengan menampilkan kemampuan Geeta dalam bergulat melawan laki-laki. Pertarungan narasi terjadi antara ketidakadilan gender vs emansipasi gender. Dekonstruksi menunjukkan bahwa didikan gulat yang diterapkan Mahavir kepada putri-putrinya menghapus batasan antara sifat maskulin dan feminin serta menghasilkan konsep baru yaitu kesetaraan gender.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Depositing User: Noor Minah Minah
Date Deposited: 02 Apr 2019 06:34
Last Modified: 02 Apr 2019 07:03
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/11710

Actions (login required)

View Item View Item