EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Implementasi Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 2 Hulu Sungai Utara

Afifah, Nisa Fitri (2021) Implementasi Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 2 Hulu Sungai Utara. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (108kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (644kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (23kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

ABSTRAK

Pendidikan dan manusia merupakan sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dalam pendidikan karena manusia merupakan subjek dan objek dari pendidikan itu sendiri. Pendidikan merupakan usaha sadar yang menumbuhkembangkan potensi peserta didik melalui kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, peran guru dalam manajemen kelas sangat diperlukan dalam rangka meningkatkan efektivitas pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen kelas yang bersifat fisik dan non fisik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Hulu Sungai Utara, masalah-masalah yang dihadapi dalam manajemen kelas, dan strategi dalam mengatasi masalah-masalah dalam manajemen kelas di Madrasah Aliyah Negeri 2 Hulu Sungai Utara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dan dengan pendetan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi yang berhubungan dengan Implementasi Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaraa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Hulu Sungai Utara. Teknik analisis data menggunakan model interaktif, yang memiliki tiga komponen yaitu: (1) reduksi data, (2) sajian data, dan (3) penarikan kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen kelas yang bersifat fisik sudah diterapkan dengan baik. Sedangkan manajemen kelas yang bersifat non fisik juga dilakukan dengan baik dan berbagai macam cara, sehingga dapat tercipta pembinaan disiplin siswa, pembinaan iklim sosial kelas, dan pembinaan iklim sosio-emosioal kelas dengan baik. Adapun masalah-masalah yang terjadi itu berbagai macam, seperti terlambat masuk kelas, terlambat mengumpulkan tugas,dan lain-lain, dan melalui strategi dengan 2 pendekatan yaitu pendekatan larangan/ anjuran dan pendekatan hukuman/ ancaman sehingga dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran di dalam kelas.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: KHALIDATUL KHALIDATUL MAULIDIAH KHALIDATUL MAULIDIAH
Date Deposited: 03 Feb 2021 01:49
Last Modified: 03 Feb 2021 01:49
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15244

Actions (login required)

View Item View Item