EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Strategi Pembelajaran Aqidah Akhlak dengan Menggunakan Media Elektronik di MAN 1 Banjarmasin

Hayati, Umi (2021) Strategi Pembelajaran Aqidah Akhlak dengan Menggunakan Media Elektronik di MAN 1 Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (32kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (619kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (572kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (27kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (449kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (83kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Strategi pembelajaran aqidah akhlak merupakan upaya seorang guru dalam menciptakan situasi lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses pembelajaran, agar tujuan yang direncanakan dapat tercapai dan berhasil dalam pembelajaran aqidah akhlak. Untuk mempermudah guru menerapkan strategi pembelajaran diperlukan adanya media pembelajaran. Pengalaman yang sering terjadi di sekolah adalah kurangnya kemampuan dan bekal guru dalam memanfaatkan teknologi, mengkreasikan dan menginovasikan strategi serta media pembelajaran di dalam kelas, sehingga pembelajaran terkesan membosankan dan monoton. Terkadang, masih banyak guru yang belum mampu memahami pemilihan strategi dan media pembelajaran yang tepat. Fokus penelitian meliputi, strategi pembelajaran aqidah akhlak dengan menggunakan media elektronik di MAN 1 Banjarmasin dan faktor penghambat dan pendukung strategi pembelajaran aqidah akhlak dengan menggunakan media elektronik di MAN 1 Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran dengan menggunakan media elektronik beserta faktor penghambat dan pendukung strategi pembelajaran dengan menggunakan media elektroni di MAN I Banjarmasin. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (Field research). Adapun subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru aqidah akhlak dan 10 orang siswa. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data di lapangan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran aqidah akhlak dengan menggunakan media elektronik di MAN 1 Banjarmasin terlaksana, strategi yang digunakan yaitu ekspositori, inkuiri, kooperatif dan kontekstual. Dari sisi perencanaan guru membuat langsung dua semester, jadi guru tidak membuat perencanaan sebelum mengajar. Dari sisi pelaksanaan pembelajaran baik itu dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir sudah terlaksana dengan baik, hanya saja dalam kegiatan inti guru belum mampu memahami perbedaan strategi pembelajaran dengan metode pembelajaran. Adapun dari sisi evaluasi pembelajaran sudah terlaksana yaitu pre test dan post test serta evaluasi formatif dan sumatif. Adapun faktor penghambat strategi pembelajaran dengan menggunakan media elektronik di MAN 1 Banjarmasin yaitu faktor siswa, faktor waktu dan faktor lingkungan, sedangkan faktor pendukung strategi pembelajaran dengan menggunakan media elektronik di MAN 1 Banjarmasin adalah faktor guru, faktor siswa dan faktor sarana prasarana.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Irwandy Sy Irwandy Syahputra Irwandy Syahputra
Date Deposited: 07 Mar 2021 13:36
Last Modified: 07 Mar 2021 13:36
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15629

Actions (login required)

View Item View Item