EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Peran Orang Tua untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Santri di Pondok Pesantren Darul Ilmi Banjarbaru

Norhabibi, Norhabibi (2021) Peran Orang Tua untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Santri di Pondok Pesantren Darul Ilmi Banjarbaru. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (108kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (799kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (637kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (749kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (838kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (215kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Peran orang tua sangat penting bagi pendidikan anaknya dan menjadi salah satu faktor yang berpengaruh besar dalam mencapai tujuan pendidikan, tetapi orang tua hanya menyerahkan sepenuhnya kepada pihak sekolah (lembaga pondok pesantren) sehingga menyebabkan kurang terkontrolnya pendidikan anak atau kurang mendapatkan perhatian khusus. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran orang tua untuk meningkatkan motivasi belajar santri dan apakah faktor yang mempengaruhi motivasi belajar santri di pondok pesantren Darul Ilmi Banjarbaru. Jenis penelitian ini adalah field research dan menggunakan pendekatan deskriprif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua dan santri kelas I Mu’allimin di pondok pesantren Darul Ilmi Banjarbaru yang berjumlah 330 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 33 orang diambil 10% dari jumlah populasi. Teknik sampling yang digunakan simple ramdom sampling dilakukan secara acak tanpa memandang strata. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, angket dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, diproses melalui editing, coding dan tabulating selanjutnya data dianalisis secara deskriptif kuantitatif menggunakan analisis persentase. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa peran orang tua untuk meningkatkan motivasi belajar santri di pondok pesantren Darul Ilmi Banjarbaru: a) sebagai pendidik sebesar 59,4%, b) sebagai pendorong (memberi motivasi) 50,8%, c) sebagai pembimbing 31,5%, d) sebagai fasilitator 42,4%. Faktor yang mempengaruhi motivasi belajar santri di pondok pesantren Darul Ilmi Banjarbaru: a) memiliki aspirasi atau cita-cita sebesar 58,6% b) memiliki kemampuan sebesar 44,2% c) merasa tenang dan nyaman dalam situasi dan kondisi apapun sebesar 53,9% d) merasa nyaman dalam belajar di lingkungan pondok pesantren sebesar 59,4%. Berdasarkan indikator terdapat faktor yang memiliki pengaruh besar terhadap peran orang tua sebagai pendidik dan pendorong (motivator) karena adanya kesadaran orang tua yang cukup tinggi akan pentingnya motivasi belajar dengan memposisikan diri sebagai pendidik dan memberikan motivasi secara berkesinambungan dan yang memiliki pengaruh besar terhadap motivasi belajar santri adalah aspirasi jiwa atau cita-cita dan kondisi lingkungan karena adanya keinginan yang kuat serta kondisi lingkungan yang mendukung.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Farah Aida Farah Aida Farah Aida
Date Deposited: 29 Jul 2021 01:25
Last Modified: 29 Jul 2021 01:25
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16635

Actions (login required)

View Item View Item