EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

IDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK KELAS X MAN 3 HULU SUNGAI SELATAN PADA MATERI REDOKS MENGGUNAKAN FOUR-TIER TEST

Rahmiati, Rahmiati (2021) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK KELAS X MAN 3 HULU SUNGAI SELATAN PADA MATERI REDOKS MENGGUNAKAN FOUR-TIER TEST. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
1. PERNYATAAN.pdf

Download (154kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (624kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (83kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (395kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (620kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (632kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (150kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (253kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

ABSTRAK

Materi redoks merupakan materi yang memiliki konsep bersifat abstrak dan berjenjang. Oleh karena itu, seringkali peserta didik menafsirkan sendiri pemahaman konsepnya yang terkadang berbeda bahkan bertentangan dengan konsep para ahli. Paham konsep yang berbeda dengan para ahli disebut dengan miskonsepsi. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan persen hasil identifikasi miskonsepsi yang dialami peserta didik kelas X MAN 3 Hulu Sungai Selatan menggunakan four-tier test pada masing-masing subkonsep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X MAN 3 Hulu Sungai Selatan dengan sampel kelas X MIA 1 dan 2 MAN 3 Hulu Sungai Selatan tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 63 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Samping. Data penelitian primer diperoleh dari jawaban peserta didik pada soal four-tier test yang kemudian dikelompokkan ke dalam kategori paham konsep, tidak paham konsep, false positive, false negative, dan miskonsepsi. Instrumen four-tier test terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitas sebelum diberikan pada sampel. Hasil uji validitas internal sebesar 84,37% dengan kriteria sangat valid, dan hasil uji validitas eksternal empiris isi kurang dari 10% yang artinya valid, sedangkan hasil validitas empiris konstruk dari 16 soal yang diujikan, terdapat 11 soal valid, dan hasil uji reliabilitasnya sebesar 0,645. Hasil penelitian menunjukkan terdapat miskonsepsi pada materi redoks dengan ratarata sebesar 33,45 dengan kriteria sedang. Miskonsepsi pada subkonsep Reaksi redoks berdasarkan pengikatan dan pelepasan oksigen (16,67%), berdasarkan pengikatan dan pelepasan elektron (39,68%), peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi (38,10%), Bilangan oksidasi (12,70%), Reaksi oksidasi-reduksi (44.44%), Oksidator dan reduktor sebesar 30,16%, dan penerapan reaksi redoks (52,38%). Miskonsepi paling besar terdapat pada subkonsep penerapan reaksi redoks.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 06 Aug 2021 07:26
Last Modified: 06 Aug 2021 07:26
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16821

Actions (login required)

View Item View Item