EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pemahaman Peserta Didik terhadap Materi Akidah Akhlak Pada Kurikulum 2013 di kelas VIII MTs Al-Ikhwan Banjarmasin

Mudah, Rahmah (2021) Pemahaman Peserta Didik terhadap Materi Akidah Akhlak Pada Kurikulum 2013 di kelas VIII MTs Al-Ikhwan Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (198kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (467kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (395kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (663kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (631kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (512kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Skripsi ini membahas tentang pemahaman peserta didik terhadap materi akidah akhlak pada Kurikulum 2013 dikelas VIII MTs Al-Ikhwan Banjarmasin. Adapun permasalahan dalam penelitian ini yaitu: Seberapa besar pemahaman peserta didik terhadap materi akidah akhlak dan faktor yang mempengaruhi pembelajaran dan evaluasi pembelajaran Akidah Akhlak menurut Kurikulum 2013 di kelas VIII bagi siswa MTs Al-Ikhwan Banjarmasin. Kurikulum 2013 adalah kurikulum berbasis kompetensi yang dirancang untuk mengantisipasi kebutuhan kompetensi Abad 21. Pada abad ini,ikemampuan kreativitas dan komunikasi menjadi sangat penting. Atas dasar itulah, maka rumusan kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang dipergunakan dalam Kurikulum 2013 mengedepankan pentingnya kreativitas dan komunikasi. Pendekatan menggunakan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas, sosial, sikap, persepsi, pemikiran baik secara individu. Selanjutnya sumber data penelitian adalah data pokok dan data penunjang. Adapun prosedur pengumpulan data yakni imenggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Wawancara dilakukan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi akidah akhlak hingga kendala yang dialami siswa ketika pembelajaran berlangsung. Dari hasil data analisis di lapangan dapat ditemukan bahwa MTs Al-Ikhwan sudah sejalan dalam implementasi kurikulum 2013. Dimana dalam perencanaan guru dapatimengembangkan silabus dan menyusun RPP sesuai dengan kebutuhan sekolah dan peserta didik, namun pada dasarnya silabus telah disediakan oleh ipemerintah guru tinggal menerapkan namun pemerintah juga membebaskan guru dalam mengembangkan silabus. Dalam pelaksanaan guru juga melakukan iberbagai variasi metode pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik yang dikenal dengan sebutan 5 M (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkominokasikan). Terdapat metode ceramah, idiskusi, bermain peran dan tanya jawab dalam pembelajara akidah akhlak dikelas VIIIiMTs Al-Ikhwan Banjarmasin. Serta evaluasi dengan imenggunakan autentik dan mencakup tiga aspek yakni aspek sikap (Afektif), pengetahuan (kognitif) idan keterampilan (psikomotor) yang dilakukan ketika proses, sesudah, ulangan harian, ulangan tengah semester dan ulangan kenaikan kelas.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Farah Aida Farah Aida Farah Aida
Date Deposited: 10 Aug 2021 06:09
Last Modified: 10 Aug 2021 06:09
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16955

Actions (login required)

View Item View Item