EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

MANAJEMEN ‘IMÂRAH MASJID BUNYAMIN RESIDENCE DESA KERTAK HANYAR II KECAMATAN KERTAK HANYAR KABUPATEN BANJAR

Astuti, Linda (2022) MANAJEMEN ‘IMÂRAH MASJID BUNYAMIN RESIDENCE DESA KERTAK HANYAR II KECAMATAN KERTAK HANYAR KABUPATEN BANJAR. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
(1) PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN LINDA.pdf

Download (320kB)
[img] Text
(2) AWAL LINDA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
(3) ABSTRAK LINDA.pdf

Download (264kB)
[img] Text
(4) BAB I LINDA.pdf

Download (511kB)
[img] Text
(5) BAB II LINDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB)
[img] Text
(6) BAB III LINDA.pdf

Download (384kB)
[img] Text
(7) BAB IV LINDA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
(8) BAB V LINDA.pdf

Download (248kB)
[img] Text
(9) DAFTAR PUSTAKA LINDA.pdf

Download (300kB)
[img] Text
(10) LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini menelaah tentang Manajemen ‘Imârah Masjid Bunyamin Residence, Masjid Bunyamin Residence ini berdiri di Komplek Bunyamin Residence Desa Kertak Hanyar II Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan adalah salah satu masjid yang memiliki pengelolaan cukup besar, di karenakan masjid Bunyamin Residence ini sebagai salah satu jembatan bagi warga komplek untuk saling bersosialisasi. Letaknya pun sangat strategis di saat pertama kali memasuki pintu gerbang komplek maka akan langsung terlihat bangunan dari Masjid Bunyamin Residence ini. Kepemilikan yang asalnya dibawah naungan yayasan Bunyamin sekarang sudah dilimpahkan menjadi kepemilikan umat. Banyaknya kegiatan di Masjid Bunyamin Residence ini seperti adanya Majelis Taklim 5 sampai 6 kali dalam seminggu dan berbagai macam kegiatan sosial sehingga dalam hal inilah yang menjadi perbedaan dari masjid-masjid lainnya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana Manajemen ‘Imârah dan Apa saja kegiatan sosial keagamaan di Masjid Bunyamin Residence Desa Kertak Hanyar II Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar. Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan pendekatan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Model Miles dan Hurbenman adalah teknik analisis data yang digunakan. Manajemen ‘Imârah Masjid Bunyamin Residence Desa Kertak Hanyar II Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar memiliki kegiatan sosial keagaamaan yang sudah berjalan dengan baik dan lancar. Namun dari empat fungsi manajemen (perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan) masih perlunya perkembangan di aspek pengawasan sehingga sesuai berdasarkan ilmu manajemen. Aktivitas keagamaan di Masjid Bunyamin Residence dilaksanakan 6 sampai 7 kali dalam seminggu, sedangkan untuk kegiatan sosial dilaksanakan 2 kali dalam seminggu dan ada dalam 1 bulan sekali, serta untuk Peringatan Hari Besar Islam rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Yang menjadi penanggung jawab dalam kegiatan keagamaan adalah bidang Ibadah dan Dakwah sedangkan untuk kegiatan sosial penanggung jawabnya adalah Supervisior Marbot masjid.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 20 Feb 2022 10:29
Last Modified: 20 Feb 2022 10:29
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18500

Actions (login required)

View Item View Item