EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Bimbingan Akhlak Untuk Orang Dewasa Di Kahfi El-Abrar Communication School Banjarbaru

Mariah, Silviana Ayu (2021) Bimbingan Akhlak Untuk Orang Dewasa Di Kahfi El-Abrar Communication School Banjarbaru. Skripsi, Dakwah Dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (234kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (933kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (729kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (791kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (184kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (398kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Skripsi ini dilandasi pemikiran bahwa membimbing orang dewasa dengan latar pendidikan yang berbeda merupakan perkara yang tidak mudah, terlebih mempersiapkan orang dewasa untuk mencapai akhlak yang mulia agar menjadi contoh yang baik. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui bimbingan yang diberikan oleh Kahfi El-Abrar Communication School Banjarbaru dalam membina akhlak orang dewasa. Adapun pertanyaan yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah apa saja materi yang diberikan dan bagaimana metode yang digunakan serta faktor apa saja yang menunjang dan menghambat dalam bimbingan agama di Kahfi El-Abrar Communication School Banjarbaru. Metode dalam penelitian ini adalah metode field research (penelitian lapangan), yaitu penulis terjun langsung ke lapangan untuk menggali data yang diperlukan sesuai dengan masalah yang diteliti, diolah melalui proses koleksi data, editing data, klasifikasi data, serta interprestasi data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumenter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Kahfi El-Abrar Communication School Banjarbaru adalah lembaga kampus non formal yang mempunyai kegiatan pembelajaran berhubungan dengan bimbingan akhlak untuk orang dewasa. Lembaga ini juga sudah mempunyai legalitas berbadan hukum di bawah Yayasan Bina Fikir El-Abrar yang beralamat di Jl. Trikora komplek Halim RT 005/005 No. 3, Guntung Paikat, kecamatan Banjarbaru Selatan, Kalimantan Selatan. Materi bimbingan akhlak yang diberikan di Kahfi El-Abrar Communication School Banjarbaru adalah sistem kerja otak, typologi personality, sensorik dan sensorik power, simpati, segitiga ekspresi, dan tiga diri dengan metode ceramah, diskusi, tanya-jawab dan keteladanan. Adapun faktor penunjangnya adalah dukungan dari pimpinan, waktu yang ditetapkan, minat belajar mahaiswa, sarana dan prsarana, dana yang tercukupi, dosen/pembimbing yang aktif dalam membimbing, adanya kepedulian dan kebersamaan, sedangkan faktor penghambatnya adalah kesibukan mahasiswa dan kurangnya tenaga pengajar. Dengan adanya proses belajar yang mengutamakan akhlak, maka dosen yang mengajar harus memiliki akhlak yang baik untuk dijadikan contoh kepada mahasiswa yang diajarkan.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Yulianti Herma
Date Deposited: 16 Aug 2022 03:38
Last Modified: 16 Aug 2022 03:38
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20332

Actions (login required)

View Item View Item