EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Akhlak Mahasantriwati Asrama Puteri Ma’had Al-Jami’ah UIN Antasari Perspektif Teori Etika Ibnu Miskawaih

Amaliah, Noor (2024) Akhlak Mahasantriwati Asrama Puteri Ma’had Al-Jami’ah UIN Antasari Perspektif Teori Etika Ibnu Miskawaih. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
Pernyataan keaslian Tulisan.pdf

Download (147kB)
[img] Text
AWAL .pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (530kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] Text
BAB III .pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB IV .pdf

Download (633kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (288kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (395kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Kemerosotan akhlak dapat terjadi karena adanya perilaku, pandangan, keyakinan dan pergaulan sosial yang tidak diimbangi dengan iman dan memaksa seseorang untuk melakukan sesuatu yang bertentangan dengan nilai-nila al-Qur’an. Dengan demikian seorang penuntut ilmu tidak hanya memerlukaan ilmu pengetahuan tetapi juga perlu memiliki akhlak yang baik agar keduanya seimbang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akhlak mahasantriwati Asrama Puteri Ma’had Al-Jami’ah UIN Antasari dan akhlak mahasantriwati Asrama Puteri Ma’had Al-Jami’ah UIN Antasari dalam perspektif Ibnu Miskawaih. Adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari lapangan dan literatur disajikan secara deskriptif kemudian dianalisis dengan perspektif Ibnu Miskawaih. Hasil dari penelitian ini adalah akhlak mahasantriwati Ma’had Al-Jami’ah UIN Antasari dalam berperilaku dapat dikatakan cukup baik, Oleh karena itu akhlak mahasantriwati ditunjang melalui pembinaan tausiyah tentang akhlak. Adapun Akhlak mahasantriwati dalam perspektif teori etika Ibnu Miskwaih dapat dikatakan belum memenuhi bagian-bagian pokok etika keutamaan dalam pandangan Ibnu Miskawaih, adapun beberapa bagian pokok etika keutamaan yang dimiliki oleh mahasantriwati Ma’had Al-Jami’ah UIN Antasari dalam perspektif Ibnu Miskawaih meliputi: (1) kebijaksanaan mahasantriwati dalam menghafal dan mencari ilmu pengetahuan di Ma’had Al-Jami’ah, (2) keberanian mahasantriwati dengan mengikuti program kegiatan di asrama dan berpartisipasi dalam menjaga kebersihan lingkungan asrama, (3) menjaga harga diri mahasantriwati dengan memiliki rasa malu, menutup aurat, dan menaati aturan tata tertib di asrama, (4) keadilan mahasantriwati dengan bersahabat dan menyambung tali silaturrahmi meskipun berasal dari program studi yang berbeda.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > Aqidah dan Filsafat Islam
Depositing User: Sri Yuniarti Fitria
Date Deposited: 10 Jul 2024 03:53
Last Modified: 10 Jul 2024 03:53
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/27137

Actions (login required)

View Item View Item