EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Efektivitas Penggunaan Media “Telepon Kaleng” dalam Pembelajaran Istima’ pada Siswa Kelas VII di MTsN 3 Banjarmasin

Murdhani, Ahmad (2018) Efektivitas Penggunaan Media “Telepon Kaleng” dalam Pembelajaran Istima’ pada Siswa Kelas VII di MTsN 3 Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (217kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (429kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (751kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (270kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (251kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Ahmad Murdhani, 2018. Efektivitas Penggunaan Media “Telepon Kaleng” dalam Pembelajaran Istima’ pada Siswa Kelas VII di MTsN 3 Banjarmasin. Penelitian Ilmiah Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Dosen Pembimbing Arif Rahman Hakim, S.Hum M.Pd. dan Ahmad Arifin, M.Pd. Kata Kunci: Efektivitas, Media Telepon Kaleng, Pembelajaran Istima’. Skripsi ini menyajikan tentang Efektivitas Penggunaan Media Telepon Kaleng dalam Pembelajaran Istima’ pada Siswa Kelas VII di MTsN 3 Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: 1. Apakah nilai kelompok yang menggunakan media telepon kaleng lebih tinggi dari kelompok yang tidak menggunakan media telepon kaleng pada pembelajaran istima’ siswa kelas VII di MTsN 3 Banjarmasin? 2. Apakah penggunaan media telepon kaleng menambah semangat siswa pada pembelajaran istima’? Tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1. Untuk mengetahui efektivitas penggunaan media telepon kaleng dalam pembelajaran istima’ pada siswa kelas VII di MTsN 3 Banjarmasin. 2. Untuk mengetahui apakah penggunaan media telepon kaleng menambah semangat siswa pada pembelajaran istima’. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dan penelitian deskriptif dengan metode quasi eksperimen. Yakni kelompok eksperimen (kelas VII G) dengan perlakuan khusus dan kelompok kontrol (kelas VII D) tanpa adanya perlakuan khusus. Berdasarkan hasil perhitungan dengan aplikasi IBM SPSS Statistics v.21, diperoleh nilai sig. (2-tailed)=0,311. Karena 0,311 lebih besar dari 0,05 maka Ha ditolak dan H0 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai Post Test antara kelas VII G (kelas eksperimen) dan kelas VII D (kelas kontrol). Kesimpulan dari perhitungan ini adalah penggunaan media telepon kaleng pada pembelajaran istima’ tidak efektif. Dari hasil observasi dan wawancara peneliti dapat menyimpulkan bahwa media telepon kaleng layak digunakan pada pembelajaran istima’ mufradat. Karena media ini menambah minat siswa dan meningkatkan perhatian belajar serta nilai belajar siswa, dan juga mereka merasa bersemangat dan senang.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Users 62 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2018 01:08
Last Modified: 17 Jul 2018 01:08
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10086

Actions (login required)

View Item View Item