EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Media Pembelajaran aqidah akhlak pada Madrasah Aliyah al-istiqamah banjarmasin

Rahmatullah, Adi (2018) Media Pembelajaran aqidah akhlak pada Madrasah Aliyah al-istiqamah banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (209kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (811kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (400kB)

ABSTRAK

Skripsi ini tentang Media Pembelajaran Aqidah akhlak pada Madrasah Aliyah al-istiqamah banjarmasin. Bertujuan untuk mengetahui Media Pembelajaran serta Faktor-faktor yang mempengaruhi pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah al-istiqamah banjarmasin. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research) yang dilakukan dengan pendekatan kualitataif dalam bentuk deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Aqidah akhlak. Sedangkan Objek penelitian adalah Media Pembelajaran Aqidah Akhlak pada Madrasah Aliyah Al-Istiqamah Banjarmasin. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yang digunakan, yaitu Editing, Koding, Klasifikasian dan Interpretasi Data. Data yang sudah diolah dan diinterpretasikan, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Adapun dalam mengambil kesimpulan penulis mengambil metode induktif yaitu kesimpulan yang bersifat khusus kepada kesimpulan yang bersifat umum. Berdasarkan hasil penelitian, guru dalam mengajar mata pelajaran aqidah akhlak menggunakan media Papan Tulis dan Media LCD. Alasannya karena media tersebut mudah digunakan dan juga karena media tersebut merupakan media yang digunakan oleh guru-guru pada masa saat ini dan tersedia disekolah, oleh karenanya guru-guru sekarang hanya mengikuti perkembangan zaman, Alasan yang lain adalah karena sebagian besar guru-guru disana merupan S1 yang cara pembelajarannya mirip seperti apa yang sekarang beliau terapkan. Media Papan Tulis digunakan guru dari awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran, adapun media LCD digunakan ketika suatu pembahasan yang dari rangkuman semua materi beliau jelaskan satu persatu , maka guru biasanya mempersilahkan siswa untuk bertanya atau sebaliknya guru yang bertanya kepada siswa. Faktor pendukung Penerapan Media Pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Al-Istiqamah banjarmasin, adalah karena kedua media tersebut di pandang cukup efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran, karena kedua media tersebut sangat mudah digunakan dan membantu guru, karena kedua media tersebut merupakan media yang telah di terapkan oleh guru-guru pada saat ini. karena media tersebut di anggap mampu mengkonkretkan penjelasan dalam pembelajaran selalu berjalan dengan lancar. Faktor penghambat Penggunaan Media Pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Al-istiqamah Banjarmasin, adalah apabila media yang digunakan seorang guru kurang maksimal dalam persipapan dan kurang tepat media yang digunakan guru dengan materi pemabahasan sehingga membuat siswa kurang memahami pelajaran yang disampaikan,kurang nya kreatifitas seorang guru dalam penggunaan media yang diterapkan membuat siswa jenuh dan bosan hanya meggunakan media itu saja tanpa adanya vasiasi dalam penerapanya.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Murtini UIN
Date Deposited: 30 Jul 2018 02:53
Last Modified: 30 Jul 2018 02:53
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10151

Actions (login required)

View Item View Item