EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penghafalan Alquran di Pondok Pesantren Manba’ul ‘Ulum Putra Kertak Hanyar Kabupaten Banjar

Firdaus, Muhammad (2018) Penghafalan Alquran di Pondok Pesantren Manba’ul ‘Ulum Putra Kertak Hanyar Kabupaten Banjar. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (329kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (571kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (618kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (373kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (356kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (147kB)

ABSTRAK

Skripsi ini di latar belakangi bahwa penghafalan di pondok pesantren berbeda dengan penghafalan di lembaga khusus menghafal. Salah satunya seperti di Pondok Pesantren yang terletak di Kertak Hanyar Kabupaten Banjar, Manba’ul ‘Ulum. Pondok pesantren Manba’ul ‘Ulum Putra tetap mewajibkan para santrinya yang mengikuti program tahfiz untuk mengikuti kegiatan dan pelajaran-pelajaran di madrasah maupun di pondok. sehingga menghafal di pondok pesantren Manba’ul ‘Ulum Putra tidaklah mudah perlu perjuangan yang berbeda dan sungguh-sungguh serta banyak catatan-catatan yang masih perlu dibenahi guna mengefektivitaskan penghafalan disana. Di samping itu tidak ada penargenatan hafalan dan hanya di isi satu orang ustaz juga menyebabkan penulis tertarik meneliti di sana. Skripsi ini mengemukakan tentang Penghafalan Alquran di pondok pesantren Manba’ul ‘Ulum Putra yang meliputi persiapan masuk tahfiz, persiapan menghafal, metode yang digunakan, muraja’ah, evaluasi serta faktor yang mempengaruhi dalam menghafal Alquran dengan fokus penelitian bagaimana penghafalan menghafal Alquran di pondok pesantren Manba’ul ‘Ulum Putra dan apa saja faktor yang mempengarhi penghafalan Alquran. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Subjek penelitian 1 orang ustaz yang mengajar sekligus pimpinan Tahfiz di Manba’ul ‘Ulum Putra dan seluruh santri. Objek dalam penelitian ini adalah penghafalan Alquran dan faktor yang mempengaruhi penghafalan Alquran di Manba’ul ‘Ulum Putra kertak hanyar Kabupaten Banjar. Dalam mengumpulkan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa dalam Penghafalan Alquran di Manba’ul ‘Ulum Putra Kertak Hanyar Kabupaten Banjar yang meliputi persiapan, penyetoran, muraja,ah, metode dan evaluasi serta faktor yang memengaruhi penghafalan, ditemukan bahwa dalam persiapannya mengikuti tahfiz, santri diwajibkan sudah mengikuti tahsin, hafal juz 30 bertempat tinggal yang sudah disediakan dan rela mengorbankan waktu bermain. Dalam menghafal, santri diharuskan membaca mushaf bi an-nadzhar terlebih dahulu sampai benar-benar lancar dan benar tajwidnya, barulah santri mulai menghafalkannya dengan membaca ayat-perayat secara berulang-ulang. Secara keseluruhan, metode yang digunakan santri adalah metode wahdah. Dalam sistem evaluasi tidak ada yang terjadwal kecuali ketika santri itu sendiri yang mau muraja’ah kepada ustaz, adapun hal yang paling mempengaruhi dalam tercapaiya tujuan menghafal adalah kembali kepada kesungguhan masing-masing santri, karena kendala utama harus bisa membagi waktu dengan baik di tengah kesibukan seorang santri.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Murtini UIN
Date Deposited: 09 Aug 2018 02:56
Last Modified: 09 Aug 2018 02:56
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10317

Actions (login required)

View Item View Item