EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Praktik Poliandri (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Desa Jelapat II Kabupaten Barito Kuala)

Ernayanti, Ernayanti (2018) Praktik Poliandri (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Desa Jelapat II Kabupaten Barito Kuala). Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (689kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (720kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (720kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (686kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (613kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (152kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (372kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (250kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya praktik poliandri yang dilakukan oleh salah satu masyarakat Desa Jelapat II Kecamatan Mekarsari Kabupaten Barito Kuala, pada dasarnya poliandri merupakan salah satu bentuk perkawinan yang dilarang dalam ajaran Islam. Kenyataannya di Desa Jelapat II poliandri dipraktikkan. Walaupun tokoh masyarakat dan termasuk tuan guru setempat telah memberikan nasehat, tetap saja mereka melanjutkan pernikahannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktik poliandri serta akibat hukum dari praktik poliandri itu sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat studi kasus yang terjadi di Desa Jelapat II Kab. Barito Kuala. mengumpulkan data berupa observasi, dan wawancara, kemudian teknik pengolahan data dengan teknik Editing (pengecekan ulang), Klasifikasi (mengelompokkan data-data yang sudah diedit), dan Interpretasi (dijelaskan). Melalui teknis analisis deskriptif kualitatif berdasarkan teori Islam dan peraturan perundang-undangan menghasilkan temuan: Pertama, Di Desa Jelapat II Kecamatan Mekarsari Kabupaten Barito Kuala terdapat satu kasus pasangan suami isteri yang melakukan perkawinan poliandri. Pada kasus perkawinan pertama oleh ibu KW dan bapak SR dilakukan sah secara hukum dan dicatat oleh pegawai KUA. Penyebab rusak perkawinan karena keadaan bapak SR pemabuk dan hukuman penjara, dengan alasan tersebut perkawinan ibu KW dan bapak SR tidak terpenuhi tujuan perkawinan. Dalam kasus perkawinan kedua ibu KW dan bapak UP dilakukan tanpa memiliki rukun dan syarat perkawinan, perkawinan dilakukan di bawah tangan dengan seorang penghulu tokoh masyarakat, karena dianggap lebih mudah dan tidak memerlukan banyak waktu. Sedangkan pada kasus perkawinan ketiga ibu KW dan bapak ZN dilakukan tanpa melengkapi rukun dan syarat perkawinan dan juga perkawinan dilakukan di bawah tangan dengan seorang penghulu wali sendiri. Walaupun yang menikahkan wali nasab tetap tidak sah, karena tidak sesuai dengan aturan hukum yang berlaku. sehingga hubungan suami isteri yang mereka lakukan selama tidak berpisah adalah zina. Kedua. Akibat hukum dari perkawinan praktik poliandri ini sangat merugikan mereka yang melakukannya, karena selain dikucilkan oleh masyarakat juga berdampak buruk pada anak yang dilahirkan dari hasil perkawinan poliandri, karena akan sulit menentukan garis keturunan dari anak yang dilahirkan. Hal ini juga berdampak pada sistem kewarisannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
K Law > K Law (General)
Depositing User: ernayanti ernayanti
Date Deposited: 03 Oct 2018 05:20
Last Modified: 03 Oct 2018 05:20
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/10710

Actions (login required)

View Item View Item