EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Analisis Penggunaan Kartu Debit Melalui Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) di Perbankan Syariah (Studi Kasus di BRI Syariah Kantor Cabang Banjarmasin)

Mawaddah, Fellin Deka (2019) Analisis Penggunaan Kartu Debit Melalui Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) di Perbankan Syariah (Studi Kasus di BRI Syariah Kantor Cabang Banjarmasin). Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (192kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (752kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (589kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (580kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (542kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (450kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (536kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya transaksi pada sistem pembayaran kartu debit melalui gerbang pembayaran nasional (GPN) yang mana kartu debit memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam transaksi pembayaran dengan biaya lebih murah dan jaringan interkoneksi dan interoperabilitas (saling dapat diwujudkan dimana instrumen pembayaran dapat digunakan pada infrastruktur lainnya), disisi lain alasan tertarik mengambil judul ini karena ingin mengetahui penggunaan kartu debit dari sisi penggunaan (mekanisme) hingga mengetahui kelebihan dan kekurangan pada kartu debit GPN ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme penggunaan kartu debit melalui gerbang pembayaran nasional dengan menekankan pada mekanisme penggunaan kartu debit GPN, kelebihan, dan kekurangan yang didapatkan setelah menggunakan kartu debit GPN yang dilakukan pada PT. BRI Syariah Kantor Cabang Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pegumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil wawancara salah satu Manager Operasi dan nasabah pengguna kartu debit GPN sedangkan data sekunder diperoleh dari media online dan jurnal mengenai kartu debit melalui gerbang pembayaran nasional maupun di website resmi Bank Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan tentang penggunaan kartu debit melalui mekanisme yang digunakan pada kartu debit GPN, kelebihan yang didapatkan pada penggunaan kartu debit terutama pada transaksi pembayaran seperti biaya saat transaksi menjadi lebih murah awalnya dikenakan 2-3% pada merchant namun sekarang sudah berubah lebih hemat jadi 1% sistem keamanan yang menjamin keamanan pengguna kartu debit karena sudah menggunakan teknologi yang mencegah tejadinya penggandaan, kelebihan dan kekurangan kartu debit GPN hanya bisa digunakan secara domestik. Skema harga yang berubah setelah penerapan kartu debit GPN yang menandakan perubahan secara perlahan pada sistem pembayaran lebih baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Mrs. Murtini UIN
Date Deposited: 13 Jun 2019 07:31
Last Modified: 13 Jun 2019 07:31
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/11818

Actions (login required)

View Item View Item