EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pendidikan Karakter Islami Pada Siswa MAN 4 Banjar Kabupaten Banjar

Wulandari, Larasati (2019) Pendidikan Karakter Islami Pada Siswa MAN 4 Banjar Kabupaten Banjar. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (129kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (395kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Pendidikan sangatlah penting bagi kita semua untuk membantu menyiapkan manusia agar berperan aktif dan positif dalam kehidupan sekarang dan akan datang. Pendidikan Karakter Islami selain dari pihak keluarga yang mengajarkan tetapi dari pihak sekolah dan lingkungan sekolah dapat membantu pembentukan pendidikan karakter islami, yang saat ini kita mengalami berbagai krisis, untuk mengurangi berbagai krisis yang ada di bangsa kita ini, kita patut harus lebih memberdayakan dan menekankan pendidikan karakter islami kepada anak remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengemukakan bentuk karakter islami pada siswa MAN 4 Banjar Kabupaten Banjar, peran guru dalam pendidikan karakter islami serta faktor pendukung dan penghambat dalam Pendidikan Karakter Islami Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field researsch) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan cara penulis terjun ke lapangan untuk menggali dan memperoleh informasi data yang diperlukan untuk menyusun laporan penelitian. Objek dalam penelitian ini bentuk Pendidikan Karakter Islami, peran guru dalam Pendidikan Karakter Islami dan faktor pendukung dan penghambat Pendidikan Karakter Islami pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Banjar Kabupaten Banjar. Sedangkan subjek penelitian ini adalah empat orang Guru yang terdiri dari satu orang guru aqidah akhlak, satu orang guru sejarah indonesia sekaligus petugas tata tertib, satu orang guru bidang Kesiswaan dan satu orang guru bidang Keagamaan dan siswa kelas 11 berjumlah 28 di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Banjar. untuk menggali data yang diperlukan penulis menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah bahwa pendidikan karakter islami pada siswa dapat dikatakan masih dalam proses perbaikan yang dalam bentuk religius masing kurang terlaksana namun bentuk sopan santun dan disiplin sudah terlaksana namun belum sempurna. Adapun peran guru dalam Pendidikan Karakter Islami ini guru memberikan Pendidikan Karakter Islami dikaitkan dengan materi pembelajaran, guru harus mengenal luar dalam karakter siswa, memberikan teguran, dan memberikan motivasi. Sedangkan faktor pendukung dalam Pendidikan Karakter Islami yaitu faktor guru dan lingkungan, faktor penghambat dalam Pendidikan Karakter Islami yaitu faktor sarana prasarana dan teknologi.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Larasati Larasati Wulandari Larasati Wulandari
Date Deposited: 09 Jul 2019 02:27
Last Modified: 09 Jul 2019 02:27
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/12019

Actions (login required)

View Item View Item