EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Studi Kasus Perilaku Perokok Berat di Kalangan Mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin

Nur, Muhammad Azmi (2019) Studi Kasus Perilaku Perokok Berat di Kalangan Mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (142kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (775kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (673kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (525kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (290kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (748kB)

ABSTRAK

Fenomena adanya perilaku perokok berat di kalangan mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin. Maka penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana pola perilaku perokok berat di kalangan mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin serta untuk mengetahui faktor predisposisi (pengetahuan dan sikap) mahasiswa yang merokok UIN Antasari Banjarmasin. Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Semua data yang terkumpul diproses melalui reduksi, editing, klasifikasi dan verifikasi. Untuk menganalisis data penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan disimpulkan secara induktif. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa dalam perilaku perokok berat di kalangan mahasiswa di UIN Antasari Banjarmasin, yang terdiri dari 5 mahasiswa perokok berat yaitu MA, BA, ST, ABK, dan SR. Perilaku merokok yang dialami mahasiswa antara lain rasa ingin coba-coba, karena penasaran, pengaruh teman sebaya, pengaruh lingkungan keluarga, rokok juga dianggap mereka sebagai kebutuhan pokok, menurut mereka kalau tidak mengkonsumi rokok kepala menjadi pusing, tidak bertenaga, dan menjadikan badan terasa lemah dan lesu, subjek perokok berat dapat mehabiskan 2-3 bungkus perharinya. Perilaku yang muncul ketika menjadi perokok berat adalah menjadi suka begadang, malas-malasan, dan terkadang meminjam uang kepada teman untuk membeli rokok. Adapun faktor predisposisi (pengetahuan dan sikap) mengetahui zat berbahaya yang terkandung dalam rokok, subjek menyebutkan zat yang terkandung nikotin dan tar. Perilaku merokok dapat memunculkan penyakit kanker paru, mulut, tenggorokan serta kematian. Sikap subjek takut terhadap efek samping ketika sudah tua nanti akibat dari rokok namun sulit untuk berhenti merokok. Perilaku perokok berat dapat ditemui pada remaja dan orang dewasa. Hal tersebut juga terdapat pada beberpa mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Depositing User: Arifunnatiq Hasan Basri
Date Deposited: 29 Jul 2019 01:42
Last Modified: 29 Jul 2019 01:42
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/12493

Actions (login required)

View Item View Item