EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Etika Komunikasi Dakwah Pembawa Acara Pada Program Religi di Televisi Nasional

Mailina, Mailina (2019) Etika Komunikasi Dakwah Pembawa Acara Pada Program Religi di Televisi Nasional. Skripsi, Dakwah Dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (181kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (525kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (141kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (944kB)

ABSTRAK

Program religi merupakan program yang berisi tentang ajaran-ajaran agama dan salah satunya adalah agama Islam. Program religi dapat menjadi sarana dakwah yang disiarkan melalui media televisi nasional, program religi tersebut memiliki da’i sebagai penyampai dakwah, mad’u yang dihadirkan secara langsung, materi yang menarik dan mengkuti zaman, dan pembawa acara sebagai pemandu acara dan membantu da’i dalam menyampaikan dakwah. Pembawa acara pada program religi disini ialah yang membantu da’i dalam memandu acara dakwah, pembawa acara juga bisa berfungsi sebagai da’i dengan menjelaskan kembali secara singkat apa yang disampaikan oleh da’i. Sebab yang harus menjaga etika komunikasi dalam menyampaikan dakwah bukan hanya si da’i, tetapi juga pembawa acara. Sebab salah satu faktor yang mendukung keberhasilan dakwah da’i adalah etika komunikasi pembawa acara tersebut. Program religi yang memiliki pembawa acara sebagai pendamping da’i diantaranya; Damai Indonesiaku, Islam itu Indah, Mamah dan Aa, dan Siraman Qolbu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengolahan data dilakukan dengan melalui koleksi data, mengklasifikan data, dan editing, kemudian dianalisis menggunakan anilisis isi yang bersifat pembahasan mendalam mengenai isi terhadap suatu informasi yang terdapat dalam media massa. Etika komunikasi dakwah dari hasil penelitian pada seluruh program religi yang penulis teliti menunjukkan bahwa etika komunikasi dakwah yang terdapat pada program religi di televisi nasional meliputi qaulan baligha, qaulan karima, qaulan sadida, qaulan maisura, qaulan layyina dan qaulan ma’rufa. Adapun pada qaulan baligha terdapat 5 adegan, adegan yang terdapat qaulan karima sebanyak 1 adegan, untuk qaulan syadida sebanyak 2 adegan, qaulan maisura sebanyak 3 adegan, untuk qaulan layyina sebanyak 5 adegan, dan untuk qaulan ma’rufa sebanyak 6 adegan.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: MAILINA MAILINA MAILINA
Date Deposited: 06 Aug 2019 07:21
Last Modified: 06 Aug 2019 07:21
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/12646

Actions (login required)

View Item View Item