EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penerapan Metode Audio Lingual dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MI Nurul Islam Banjarmasin

Basariah, Basariah (2019) Penerapan Metode Audio Lingual dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MI Nurul Islam Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (135kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (430kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (463kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (554kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (169kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (595kB)

ABSTRAK

Pembelajaran Bahasa Arab di sekolah selama ini sebagian besar masih belum optimal dan dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit dan membosankan sehingga siswa kurang berminat dalam pembelajaran Bahasa Arab tersebut. Oleh karena itu diperlukan suatu metode yang memudahkan dalam pembelajaran bahasa Arab. Metode audio lingual dianggap dapat memudahkan peserta didik dalam pempbelajaran bahasa Arab. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode audio lingual dalam pembelajaran bahasa Arab di MI Nurul Islam Banjarmasin dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penerapan metode audio lingual dalam pembelajaran bahasa Arab di MI Nurul Islam Banjarmasin. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field reseach), metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelian ini adalah 1 orang guru Bahasa Arab kelas IV dan siswa kelas IV yang berjumlah 23 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab mencakup tiga tahapan yakni pendahuluan, inti, dan penutup. Pembelajaran dengan menggunakan metode audio lingual tidak berdiri sendiri akan tetapi dilengkapi dengan metode qiraah dan terjemah. Hasil evaluasi menunjukan bahwa pembelajaran bahasa Arab dengan metode audio lingual dikatakan cukup berhasil karena mayoritas siswa terlibat aktif dan mampu mengingat materi dengan baik. Faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan metode audio lingual dalam pembelajaran Bahasa Arab siswa MI Nurul Islam Banjarmasin meliputi faktor minat dan keaktifan siswa yang tergolong sedang. Selain itu motivasi dan aktivitas merupakan salah satu pendukung dalam tercapainya pembelajaran yang optimal, aktivitas belajar siswa di rumah adalah sesuatu yang dapat menunjang keberhasilan belajarnya di sekolah. Guru juga salah satu faktor yang terpenting dalam pembelajaran, dengan aktivitas guru yang menarik saat mengajar maka akan membuat siswa lebih bersemangat. Sedangkan fasilitas buku paket yang dimiliki cukup mendukung, namun fasilitas kamus bahasa Arab yang dimiliki siswa tidak mendukung serta buku-buku yang tersedia diperpustakaan kurang memadai. Lingkungan disekitar juga kurang mendukung, terutama karena masih banyaknya orang tua yang kurang memperhatikan aktivitas anaknya di rumah dan prestasi anaknya di sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Basariah Basariah Basariah
Date Deposited: 20 Aug 2019 06:39
Last Modified: 22 Aug 2019 00:08
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/12734

Actions (login required)

View Item View Item