EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Manajemen Sumber Daya Manusia di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Kalimantan Selatan

Miranda, Miranda (2019) Manajemen Sumber Daya Manusia di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Kalimantan Selatan. Skripsi, Dakwah Dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (128kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (780kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (25kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (957kB)

ABSTRAK

Sumber daya manusia salah satu unsur manajemen yang harus dikelola dan diatur. Perencanaan sumber daya manusia adalah langkah-langkah tertentu yang diambil dari unsur manajemen guna menjamin bagi setiap lembaga atau perusahaan agar dapat tersedianya tenaga kerja yang tepat untuk menduduki jabatan dan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian yang dimiliki serta dapat tercapainya tujuan lembaga atau perusahaan tersebut. Permasalahan yang diteliti berkenaan dengan perencanaan dan pelaksanaan yang berkaitan dengan fungsi-fungsi manajemen sumber daya manusia. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pegawai pada Bagian SDM dan Umum BAZNAS Provinsi Kalimantan Selatan. Adapun objek penelitian ini adalah Manajemen Sumber Daya Manusia di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Kalimantan Selatan dari segi perencanaan dan pelaksanaan. Rumusan masalah bagaimana perencanaan dan pelaksanaan manajemen sumber daya manusia di BAZNAS, faktor pendukung dan penghambat perencanaan dan pelaksanaan sumber daya manusia. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul selanjutnya peneliti menggunakan analisis data dengan tahapan koleksi data, penyajian data, reduksi data, dan verifikasi. Hasil penelitian ditarik kesimpulan bahwa perencanaan dan pelaksanaan manajemen sumber daya manusia di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Kalimantan Selatan menggunakan identifikasi dan penentuan jumlah SDM, berbagai macam instrument perencanaan SDM, dibuatnya kebijakan perencanaan SDM. Dalam pelaksanaannya yaitu memberikan pelayanan studi terbuka, adanya latihan serta instruksi pekerjaan. Manajemen sumber daya manusia di BAZNAS Provinsi Kalimantan Selatan dalam penerapannya sudah sesuai dengan teori (perencanaan SDM, rekrutmen, seleksi, pelatihan, disiplin kerja, kompensasi kerja, serta pemutus hubungan kerja). Dan dalam perencanaan dan pelaksanaan manajemen sumber daya manusia di BAZNAS Provinsi Kalimantan Selatan sudah menjalankan ketentuan peraturan sesuai dengan surat edaran Ketua BAZNAS No.3 Tahun 2018. Faktor-faktor pendukung internal (sarana prasarana kantor, perencanaan SDM), eksternal (kajian-kajian atau penelitian dari luar kantor, dan mitra-mitra). Faktor penghambat internal (SDM dan kebijakan), eksternal (kurangnya dukungan pemerintah, kurang adanya sosialisasi, dan banyaknya lembaga lain).

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Miranda Miranda Miranda
Date Deposited: 24 Sep 2019 01:41
Last Modified: 24 Sep 2019 01:41
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/12798

Actions (login required)

View Item View Item