EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penilaian Jaminan Berupa Properti Oleh Appraisal Pada Pembiayaan di PT Bank BRISyariah Kantor Cabang Banjarmasin.

Ainah, Noor (2019) Penilaian Jaminan Berupa Properti Oleh Appraisal Pada Pembiayaan di PT Bank BRISyariah Kantor Cabang Banjarmasin. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
Pernyataan Keaslian.pdf

Download (234kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (721kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (397kB)

ABSTRAK

Penulisan ini dilatar belakangi dengan banyak diminatinya pembiayaan di bank syariah, dimana adanya jaminan adalah salah satu syarat pada pembiayaan tersebut. Perlunya seorang penilai ahli dalam penilaian jaminan pembiayaan sebagai bagian dari Prinsip 5C pada perbankan syariah. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penilaian jaminan yang dilakukan oleh seorang appraisal (penilai) PT. Bank BRISyariah Kantor Cabang Banjarmasin dan bagaimana tanggung jawab seorang appraisal atas penilaian jaminan yang dibuatnya. Penulisan ini menggunakan metode field research atau Penulisan lapangan yaitu melakukan Penulisan bagaimana penilaian jaminan yang dilakukan oleh appraisal pada pembiayaan di PT. Bank BRISyariah Kantor Cabang Banjarmasin. Karenanya, untuk memperoleh data yang diperlukan, Penulis melakukan wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data melalui tahapan editing, deskripsi yang kemudian dianalisis secara kualitatif dengan mangacu pada landasan teori pada bab kedua. Melalui teknik analisis deskriptif kualitatif dari Penulisan ini ditemukan bahwa pertama, hasil mengenai penilaian jaminan yang dilakukan oleh appraisal PT. Bank BRISyariah Kantor Cabang Banjarmasin telah sesuai dengan tahapan-tahapan penilaian yang selayaknya dilakukan oleh seorang penilai. Appraisal Internal PT. Bank BRISyariah Kantor Cabang Banjarmasin yang mana appraisal memiliki peran ganda yakni bukan hanya sebagai penilai jaminan properti tetapi juga sebagai appraisal investigasi dimana tugasnya men-track checking nasabah atau mencek apakah nasabah itu baik atau tidak. Kedua, tanggung jawab seorang appraisal terikat pada ketentuan Pedoman Pemberian Pembiayaan (P3) PT. Bank BRISyariah Kantor Cabang Banjarmasin dalam melakukan penilaian. Selain itu appraisal juga harus tunduk dengan aturan-aturan penilaian dengan berpedoman pada Standar Penilaian Indonesia (SPI). Sedang dalam pelaksanaan tugasnya seorang penilai tunduk pada Kode Etik Penilaian Indonesia (KEPI) yang ditetapkan oleh asosiasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Depositing User: Mr Ahdie Anwary
Date Deposited: 13 Feb 2020 02:08
Last Modified: 13 Feb 2020 02:08
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/13644

Actions (login required)

View Item View Item