EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Peran Siswa Dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah Di SDN 5 Sungai Ulin Banjarbaru

Fazeri, Muhammad Khairil (2020) Peran Siswa Dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah Di SDN 5 Sungai Ulin Banjarbaru. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (623kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (669kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (752kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (537kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (199kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (417kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

ABSTRAK

Masalah lingkungan merupakan masalah yang timbul dari manusia sendiri, maka penanggulangannya ditentukan oleh prilaku hidup manusia yang ramah lingkungan, upaya harus segera kita lakukan yaitu menciptakan manusia yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan. Agar lingkungan sekolah tetap bersih, siswa berperan dalam menjaga kebersihan sekolah dengan cara tidak membuang sampah sembarangan dan juga terampil dalam memanfaatkan sampah tersebut menjadi sebuah karya yang dapat digunakan. Tujuan penelitian ini untuk Untuk mengetahui peran siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah di SDN 5 Sungai Ulin Banjarbaru dan mengatahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat peranan siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah di SDN 5 Sungai Ulin Banjarbaru. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa dan dewan guru di SDN 5 Sungai Ulin Banjarbaru. Sedangkan objek penelitian yaitu orang yang menjadi perhatian sebagai penelitian, objek dalam penelitian ini adalah bagaiman peran siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah di SDN 5 Sungai Ulin Banjarbaru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui tahapan editing, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan peran siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah di SDN 5 Sungai Ulin Banjarbaru terdiri dari, melaksanakan jadwal piket kebersihan setiap pagi, melaksanakan kegiatan jumat bersih dan melaksanakan kegiatan 3R di lingkungan sekolah. Kepedulian siswa terhadap kebersihan lingkungan sudah berjalan dengan baik dalam proses kegiatan kebersihan, sedangkan budaya hidup bersih selalu diterapkan siswa baik itu dalam kelas maupun di luar kelas. Sarana prasarana, waktu dan pengawasan menjadi faktor yang mendukung terbentuknya peran siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan, adapun faktor yang menghambat siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan salah satunya karekter siswa yang berbeda-beda.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Rahmat Rahmat Febriannor Rahmat Febriannor
Date Deposited: 18 Jun 2020 07:37
Last Modified: 18 Jun 2020 07:37
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14151

Actions (login required)

View Item View Item