EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PERSEPSI ULAMA KOTA MARABAHAN TENTANG LAFAZH QOBUL DALAM AKAD NIKAH DAN IMPLIKASINYA

Nasir, Mohamad (2020) PERSEPSI ULAMA KOTA MARABAHAN TENTANG LAFAZH QOBUL DALAM AKAD NIKAH DAN IMPLIKASINYA. Tesis, Pasca Sarjana.

[img] Text
(1) Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf

Download (220kB)
[img] Text
(2) Awal_Tesis_MN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
(3) Abstrak_Tesis_MN.pdf

Download (115kB)
[img] Text
(4) BAB I_Tesis_MN.pdf

Download (914kB)
[img] Text
(5) BAB II_Tesis_MN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
(6) BAB III_Tesis_MN.pdf

Download (376kB)
[img] Text
(7) BAB IV_Tesis_MN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
(8) BAB V_Tesis_MN.pdf

Download (233kB)
[img] Text
(9) DaftarPustaka_Tesis_MN.pdf

Download (262kB)
[img] Text
(10) Lampiran_Tesis_MN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Di Kota Marabahan, terjadi polemic tentang benar dan salahnya sebuah prosesi ijab Kabul di Kota Marabahan, yaitu pada redaksi kabul yang berbunyi Aku terima nikah dan kawinnya Fulanah …dst.” Qabul seperti itu dianggap tidak sah oleh sebagian ulama Kota Marabahan. Sehingga ini menarik untuk penulis teliti karena selain berpotensi meresahkan masyarakat karena paradigma yang dianut oleh masing-masing pengikutnya. Ulama Kota Marabahan menjadi ujung tombak bagaimana paradigma sighat akad, khususnya di redaksi Kabul yang diucapkan oleh mempelai laki-laki atau wakilnya. Penelitian ini adalah penelitian hukum empiris, dengan menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. Karena lebih difokuskan untuk menghasilkan data dari institusi sosial yang riil dan fungsional tentang polemic tentang kesesuaian antara redaksi ijab dan kabul, selain itu pendekatan doctrinal, agar mendapatkan analisis fikih yang berkenaan dengan tema yang diteliti. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif. Dari penelitian yang penulis lakukan, bahwa terjadi dua pendapat tentang lafaz Kabul: saya terima nikahnya fulanah binti fulan, dengan mahar X, satu pendapat mendukung jenis lafazh tersebut karena sesuai dengan konsep fikih dan regulasi yang dikeluarkan oleh pemerintah, sedangkan pendapat yang lain menyebutkan bahwa lafazh tersebut tidak sesuai dengan kaidah lughawiah, karena lafazh Kabul tersebut dianggap yang menikahi adalah perempuan, padahal menurut mereka seharusnya mempelai laki-lakilah yang harus menikahi. Menurut pendapat ini, maka lafazh Kabul tersebut berimplikasi atas tidak sahnya sebuah pernikahan. Implikasi perbedaan pendapat ini adalah terjadi keresahan dalam masyarakat, terlihat dari diskusi-diskusi tanpa literasi yang berlangsung dan belum menemukan titik temunya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
K Law > K Law (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 04 Jan 2021 00:13
Last Modified: 04 Jan 2021 00:13
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15069

Actions (login required)

View Item View Item