EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengaruh model Predict Observe Explain (POE) terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V di MI Darussalam Ampah

Sriyanti, Rida (2021) Pengaruh model Predict Observe Explain (POE) terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V di MI Darussalam Ampah. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
pernyataan.pdf

Download (113kB)
[img] Text
awal.pdf

Download (469kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I baru.pdf

Download (493kB)
[img] Text
BAB II Baru.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] Text
BAB III baru.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik yang diajarkan menggunakan model Predict Observe Explain dan hasil belajar belajar peserta didik yang diajarkan menggunakan model Student Facilitator and Explaining, serta untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik menggunakan model Predict Observe Explain pada pembelajaran tematik di kelas V di MI Darussalam Ampah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif yaitu penelitin yang dilakukan dengan terjun ke lapangan untuk meneliti pengaruh hasil belajar model Predict Observe Explain dengan yang menggunakan model Student Facilitator and Explaining tema 6 organ tubuh manusia dan hewan di kelas V di MI Darussalam Ampah. Dalam hal ini yang menjadi sampel penelitian adalah kelas V A berjumlah 22 orang sebagai kelas eksperimen menggunakan model Predict Observe Explain dan kelas V B berjumlah 18 orang sebagai kelas kontrol menggunakan Student Facilitator and Explaining. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Predict Observe Explain dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 6 organ tubuh manusia dan hewan kelas V di MI Darussalam Ampah. Hal tersebut berdasarkan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kontrol. Nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dari nilai rata-rata pre-test 57,27 menjadi 88,64 pada nilai rata-rata post-test, selisih hasil belajar keduanya 31,37. Sedangkan hasil belajar kelas kontrol nilai rata-rata pre-test 58,33 menjadi 71,67 pada nilai rata-rata post-test, selisih hasil belajar keduanya 13,34. Model Predict Observe Explain juga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema 6 organ tubuh manusia dan hewan di kelas V di MI Darussalam Ampah. Hal ini berdasarkan uji u yang menyatakan Ha diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Rida Sriyanti
Date Deposited: 09 Feb 2021 02:15
Last Modified: 09 Feb 2021 02:15
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15349

Actions (login required)

View Item View Item