EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pendidikan Literasi Keuangan Anak Melalui Program Market Day di SDIT Al- Firdaus Banjarmasin

Korimah, Nony (2021) Pendidikan Literasi Keuangan Anak Melalui Program Market Day di SDIT Al- Firdaus Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (43kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (396kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (22kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan literasi keuangan sejak sekolah dasar. Pendidikan literasi keuangan diperlukan untuk mendidik manusia yang sadar dan faham tentang bagaimana cara mengelola keuangan secara bijak dan sesuai kebutuhan. Pendidikan literasi keuangan harus diberikan sedini mungkin kepada anak terutama pada anak usia pra sekolah dan sekolah dasar karena dengan pengenalan terhadap pengetahuan literasi keuangan sejak dini akan membuat anak-anak terbiasa mengelola keuangan dengan baik dan benar di masa yang akan datang. Sehingga masalah yang akan diteliti yaitu pelaksanaan pendidikan literasi keuangan anak melalui program market day di SDIT Al- Firdaus dan Faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pendidikan literasi keuangan anak melalui program market day di SDIT Al- Firdaus. Metode penelitian yang digunakan adalah bersifat deskriptif kualitatif. Data diperoleh penulis dengan menggunakan teknik wawancara, dengan jumlah responden yaitu kelas V sebanyak delapan orang, kelas VI sebanyak delapan orang, Wali Kelas dua orang guru di SDIT Al- Firdaus, dan satu orang pengurus program market day di SDIT Al- Firdaus. Lokasi penelitian ini adalah SDIT Al- Firdaus yang terletak di Jl. Sungai Gampa RT. 21 Kel. Sungai Jingah, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan teknik editing, klarifikasi dan Interpretas guna memberikan interpretasi terhadap data yang telah disajikan supaya menjadi jelas dan mudah dipahami. Hasil penelitian yang dilakukan penulis adalah pertama, Pelaksanaan pendidikan literasi keuangan anak melalui program Market Day di SDIT Al- Firdaus, terdiri dari: a. Persiapan Program Market day, b. Penyusunan Program c. Sosialisasi Program Market day, d. Pelaksanaan Program, dan. Kedua, Faktor pendukung dan penghambat pendidikan literasi keuangan anak melalui program Market day di SDIT Al- Firdaus meliputi antusias siswa dan peran orangtua, program yang terencana dengan matang, sekolah sudah menyediakan tempat untuk berjualan, waktu yang kurang. Sedangkan faktor penghambatnya adalah cuaca yang tidak bisa ditebak, anak yang tidak membawa barang jualan, kemampuan matematis siswa, barang yang tidak laku, menghitung uang, kebingungan dalam menentukan barang jualan, menghadapi pelanggan yang banyak, dan kadang sepi pembeli karena ada siswa yang masih mengerjakan tugas dikelas, dan lain-lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: KHALIDATUL KHALIDATUL MAULIDIAH KHALIDATUL MAULIDIAH
Date Deposited: 22 Feb 2021 02:33
Last Modified: 22 Feb 2021 02:33
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15489

Actions (login required)

View Item View Item