EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

MANAJEMEN MAJELIS TAKLIM (Telaah Kepuasan Jamaah dalam Pelaksanaan Pelayanan Sarana di Majelis Taklim Bani Ismail, Majelis Taklim Babussalam dan Majelis Taklim Muzakaratil Ummah)

Rahmatullah, Muhammad (2021) MANAJEMEN MAJELIS TAKLIM (Telaah Kepuasan Jamaah dalam Pelaksanaan Pelayanan Sarana di Majelis Taklim Bani Ismail, Majelis Taklim Babussalam dan Majelis Taklim Muzakaratil Ummah). Tesis, Pasca Sarjana.

[img] Text
Pernyataan Keaslian Tulisan Muhammad Rahmatullah.pdf

Download (200kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (114kB)
[img] Text
TESIS BAB I.pdf

Download (179kB)
[img] Text
TESIS BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] Text
TESIS BAB III.pdf

Download (167kB)
[img] Text
TESIS BAB IV.pdf

Download (303kB)
[img] Text
TESIS BAB V.pdf

Download (98kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (134kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (263kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kegiatan di majelis taklim Bani Ismail, majelis taklim Babussalam, dan majelis taklim Muzakaratil Ummah yang memiliki berbagai macam kegiatan seperti pengajian rutin, pembelajaran kitabkitab, ziarah tahunan, khataman massal, haul akbar dan peringatan-peringatan Islam lainya. Dengan adanya berbagai macam kegiatan tersebut, sehingga dapat meningkatkan daya minat dan kepuasan jamaah untuk mengikuti kegiatan di majelis taklim. Pada saat kegiatan berlangsung, jamaah yang hadir selalu membeludak terutama jamaah perempuaan, baik tamu penting atau pun undangan biasa, dan agenda ini sudah berjalan selama beberapa tahun berturut-turut. Hal tersebut menimbulkan pertanyaan, bagaimana koordinasi dan komunikasi para pengurus di majelis taklim tersebut untuk mempersiapkan kegiatan dan sarana pelaksanaan semampu mungkin, sehingga dapat menarik kepuasan jamaah untuk mengikuti kegiatan di majelis taklim tersebut, Tujuan dalam penelitian ini yaitu 1) Mengetahui bagaimana proses manajemen pelayanan sarana di majelis taklim Bani Ismail, majelis taklim Babussalam, dan majelis taklim Muzakaratil Ummah.. 2) Mengetahui bagaimana kepuasan jamaah dalam pelaksanaan pelayanan sarana pada kegiatan di majelis taklim Bani Ismail, majelis taklim Babussalam dan majelis taklim Muzakaratil Ummah. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan Mixed Methods, yaitu menggabungkan dua bentuk pendekatan penelitian, kualitatif dan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Jamaah majelis taklim Bani Ismail Banjarmasin, majelis taklim Babussalam Kapuas, dan majelis taklim Muzakaratil Ummah Kapuas. Sedangkan sampel pada penelitian ini berjumlah 20 jamaah dalam setiap majelis taklim. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Proses manajemen dalam pelaksanaan pelayanan sarana di majelis taklim Bani Ismail, majelis taklim Babussalam, dan majelis taklim Muzakaratil Ummah memiliki perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan masing-masing 2) Kepuasan jamaah dalam pelaksanaan pelayanan sarana pada ketiga majelis taklim memiliki tingkat kepuasan yang berbeda-beda. Tingkat kepuasan jamaah pada majelis taklim Bani Ismail berada pada kategori cukup puas. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan angket secara keseluruhan yaitu 40% jamaah merasa cukup puas. Adapun tingkat kepuasan jamaah pada majelis taklim Babussalam berada pada kategori puas. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan angket secara keseluruhan yaitu 50% merasa puas. Sedangkan tingkat kepuasan jamaah terhadap pelayanan sarana di majelis taklim Muzakaratil Ummah berada pada kategori cukup puas. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan angket secara keseluruhan yaitu 45% jamaah merasa cukup puas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 05 Mar 2021 07:30
Last Modified: 05 Mar 2021 07:30
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15585

Actions (login required)

View Item View Item