EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembiasaan Sholat Sunnah di Madrasah Tsanawiyah Nahdlatussalam Kabupaten Kuala Kapuas

Nasir, Helman (2021) Pembiasaan Sholat Sunnah di Madrasah Tsanawiyah Nahdlatussalam Kabupaten Kuala Kapuas. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (257kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (843kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (533kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (711kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (749kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (631kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (817kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (532kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (677kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Sholat merupakan rukun Islam kedua yang diwajibkan bagi seluruh umat Nabi Muhammad saw. akan tetapi dalam pelaksanaan sebuah sholat, tentunya masih sangat jauh daripada kata sempurna. Kemudian untuk menutupi sholat wajib yang masih kurang yaitu dengan melaksanakan sholat sunnah. Oleh sebab itu, sholat sunnah adalah sebuah ibadah yang sangat penting dipelajari dan diamalkan mulai dari dini, yang merupakan usaha untuk membiasakan diri melaksanakannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk pembiasaan sholat sunnah, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Alat pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah 5 orang guru yaitu kepala sekolah sebagai penanggung jawab kegiatan pembiasaan sholat sunnah, tata usaha untuk masalah sarana dan prasarana yang menyangkut kegiatan sholat sunnah, guru mata pelajaran fiqih untuk mengetahui bentuk kegiatan dalam pembiasaan sholat sunnah serta guru yang bersentuhan langsung dengan peserta didik, dan 2 guru sebagai informan mengenai bentuk kegiatan apa saja yang dilakukan dalam pembiasaan sholat sunnah di Madrasah Tsanawiyah Nahdlatussalam Kabupaten Kuala Kapuas. Kemudian objek penelitian adalah bentuk pembiasaan sholat sunnah di Madrasah Tsanawiyah Nahdlatussalam. Hasil Penelitian yang dapat disimpulkan yaitu, bentuk Pembiasaan sholat sunnah di Madrasah Tsanawiyyah Nahdlatussalam yaitu Pembiasaan dalam bentuk lisan yang bersifat himbauan dan dorongan, bentuk pembiasaan sholat sunnah melalui pembekalan beberapa tata cara sholat sunnah, bentuk pembiasaan sholat sunnah dalam bentuk praktik langsung, bentuk pembiasaan sholat sunnah dalam berpartisifasinya madrasah dengan masyarakat. Faktor pendukung dalam pembiasaan sholat sunnah yaitu faktor sarana dan prasarana yang sudah mencukupi untuk kegiatan sholat sunnah, guru pembelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyyah Nahdlatussalam merupakan guru yang sudah profesional dalam bidang agama, letak madrasah yang strategis, dan pengaruh lingkungan. Adapun faktor penghambat dalam pembiasaan sholat sunnah di Madrasah Tsnawiyyah Nahdlatussalam yaitu waktu yang dimiliki madrasah yang sedikit dalam proses belajar mengajar, mata pelajaran yang banyak, jumlah peserta didik yang banyak, dan kemauan peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: KHALIDATUL KHALIDATUL MAULIDIAH KHALIDATUL MAULIDIAH
Date Deposited: 07 Mar 2021 13:50
Last Modified: 07 Mar 2021 13:50
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15619

Actions (login required)

View Item View Item