EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

KONSEP ADVERSITY QUOTIENT (AQ) DALAM MENGHADAPI COBAAN (DITINJAU DARI PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN HADIS)

Zuhriah, Fatimah (2021) KONSEP ADVERSITY QUOTIENT (AQ) DALAM MENGHADAPI COBAAN (DITINJAU DARI PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN HADIS). Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (319kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (986kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (594kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (918kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (289kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (418kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konsep adversity quotient, serta untuk mengetahui bagaimana Islam memandang adversity quotient dalam menghadapi cobaan, meliputi sikap dan sumbernya, yaitu dari Al-Qur’an dan Hadis. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan bentuk penelitian yaitu studi pustaka (library research), yakni penelitian yang membatasi kegiatannya hanya pada bahan-bahan koleksi perpustakaan saja, tanpa memerlukan riset lapangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis isi (content analysis). Tahapan-tahapan dalam teknis analisis isi pada penelitian ini yaitu desain riset, pengukuran, proses coding, dan selanjutnya analisis data. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan bahwa adversity quotient merupakan suatu potensi individu yang dapat mengubah hambatan menjadi peluang. Melalui dimensi CO2RE akan menjelaskan potensi dan dapat menentukan adversity quotient seseorang. Dimensi CO2RE memiliki relevansi dengan unsur dalam sikap sabar. Dimensi control memiliki relevansi dengan sikap pendendalian diri dari amarah, dimensi origin dan ownership memiliki relevansi dengan sikap penerimaan dan ikhlas, dimensi reach memiliki relevansi dengan sikap tenang serta tidak lemah, dan pada dimensi endurance memiliki relevansi dengan sikap tabah dan gigih dalam berusaha. Setelah dimensi CO2RE, ada pula istilah rangkaian LEAD yang memperkuat rasa pengendalian melalui pengakuan dan komitmen untuk bertindak. Dalam pandangan Islam, rangkaian ini memiliki relevansi dengan meningkatkan kualitas diri yang dikenal dengan istilah takhalli, tahalli, dan tajalli. Pada tahap metode takhalli, individu menghindarkan dirinya dari hal buruk. Pada tahap metode tahalli, individu menghiasi dirinya dengan sifat sabar dan tawakkal. Terakhir, pada tahap metode tajalli, karena sifat sabar dan tawakkal tersebut, maka akan dapat melahirkan perasaan tentram dan tenang.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 09 Mar 2021 13:26
Last Modified: 09 Mar 2021 13:26
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15692

Actions (login required)

View Item View Item