EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENEGAKAN DISIPLIN PERSUASIF DALAM PEMBIASAAN SALAT ZUHUR BERJAMAAH SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH Al-IKHWAN BANJARMASIN

Suryapani, Ahmad (2021) PENEGAKAN DISIPLIN PERSUASIF DALAM PEMBIASAAN SALAT ZUHUR BERJAMAAH SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH Al-IKHWAN BANJARMASIN. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
1. Pernyataan.pdf

Download (294kB)
[img] Text
2. Awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (506kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (370kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (622kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (162kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (359kB)
[img] Text
10. Lampiran.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Pembiasaan salat Zuhur berjamaah siswa di MTs Al-Ikhwan Banjarmasin sangat penting untuk diterapkan, karena kita ketahui bahwa salat merupakan ibadah yang wajib dilaksanakan bagi kaum muslimin dan salat merupakan ibadah paling utama dihisab diakhirat kelak. Maka dari itu, perlunya guru untuk mengajarkan ataupun mempraktikkan serta membiasakan siswa agar terbiasa melaksanakan salat bauk itu yang wajub atau yang sunnah, karena seorang guru bertanggung jawab memberikan bimbingan, motivasi, suri tauladan, dan pengawasan terhadap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana upaya yang dilakukan terhadap disiplin persuasif dalm pembiasaan salat Zuhur berjamaah, serta respon siswa terhadap disiplin persuasif dalam pembiasaan salat Zuhur berjamaah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan mixed method (metode campuran). Metode ini merupakan penggabungan antara penelitian kualitatif dan kuantitatif yaitu dengan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah editing, tabulating, interprestasi data, dan klasifikasi data. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang guru yaitu guru fikih dan guru akidah akhlak di MTs Al-Ikhwan Banjarmasin, dan 38 orang siswa yang diambil dari kelas IX A IX B, dan IX C. Sedangkan objek penelitian ini adalah penegakan disiplin persuasif dalam pembiasaan salat Zuhur berjamaah siswa di MTs Al-Ikhwan Banjarmasin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penegakan disiplin siswa melalui pembiasaan salat Zuhur berjamaah sangat efektif, terbukti dari antusias siswa ketika mengikuti salat Zuhur berjmaah. Melalui kegiatan ini sebagian siswa sudah dapat berperilaku disiplin dan bertingkah laku yang baik. Hampir jarang ditemukan setiap harinya siswa yang melanggar kedisiplinan dan tata tertib sekolah. Aspek-aspek kedisiplinan yang perlu ditanamkan pada siswa antara lain ketepatan waktu hadir ke sekolah, keaktifan hadir dalam pelajaran,kesiapan mengikuti pelajaran, sikap dan perhatian siswa dalam belajar, kepatuhan siswa mengerjakan tugas. Maka dari itu penegakan disiplin siswa dalam pembiasaan salat Zuhur berjamaah yang efektif itu tidak lepas dari upaya-upaya yang dilakukan guru, motivasi, nasihat, keteladanan, pembiasaan, pengawasan, dan sanksi.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LA History of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 25 Jun 2021 00:59
Last Modified: 25 Jun 2021 00:59
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16325

Actions (login required)

View Item View Item