EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER RELIGIUS DI MIS MIFTAHUL ULUM BARITO KUALA

Mutaharah, Siti (2021) KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER RELIGIUS DI MIS MIFTAHUL ULUM BARITO KUALA. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
1. PERNYATAAN..pdf

Download (130kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (720kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (6kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (473kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (149kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (204kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (314kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam pengembangan karakter religius di MIS Miftahul Ulum Barito Kuala yang meliputi tentang kegiatan dan pembiasaan serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan ekstrakurikuler keagamaan yang terdiri dari faktor guru, faktor peserta didik dan faktor sarana dan prasarana. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan. Adapun subjek dalam penelitian yaitu peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler dan guru yang melatih kegiatan ekstrakurikuler keagaman. Sedangkan yang menjadi objek penelitian yaitu kegiatan ekstrakurikuler keagamaan serta faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam pengembangan karakter religius di MIS Miftahul Ulum Barito Kuala. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Setelah data terkumpul diadakan analisis data secara sistematis data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disampaikan bahwa kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di MIS Miftahul Ulum Barito Kuala berpengaruh dalam pengembangan karakter religius. Dari kegiatan ekstrakurikuler keagamaan, peserta didik dapat belajar sambil bermain. Kegiatan ekstrakurikuler keagamaan berhubungan dengan musik, maksud dari musik disini menggunakan syair-syair tentang perilaku baik atau sikap tauladan Nabi Muhammad SAW. Dan dengan adanya pembiasaan yang dilakukan maka pengembangan karakter peserta didik yang religius akan terbentuk. Terlihat dari tutur kata dan perilaku yang sopan,dan berpenampilan rapi. Faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di MIS Miftahul Ulum Barito Kuala yaitu, faktor guru, faktor peserta didik dan faktor sarana dan prasarana. Semua faktor terbilang berperan penting dan saling memiliki keterkaitan dalam mendukung terlaksananya kegiatan ekstrakurikuler keagamaan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LA History of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 01 Jul 2021 01:45
Last Modified: 01 Jul 2021 01:45
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16373

Actions (login required)

View Item View Item