EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

MPLEMENTASI SEMA NO. 3 TAHUN 2018 MENGENAI KEWAJIBAN SUAMI AKIBAT CERAI GUGAT (STUDI PUTUSAN CERAI GUGAT TAHUN 2021 DI PENGADILAN AGAMA PELAIHARI)

Lia, Kintan April (2021) MPLEMENTASI SEMA NO. 3 TAHUN 2018 MENGENAI KEWAJIBAN SUAMI AKIBAT CERAI GUGAT (STUDI PUTUSAN CERAI GUGAT TAHUN 2021 DI PENGADILAN AGAMA PELAIHARI). Skripsi, Fakultas Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (82kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (908kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (527kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (112kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

ABSTRAK

Kewajiban suami pasca perceraian dapat dituntut nafkah „iddah dan mut‟ah bahkan dalam perkara putusan cerai gugat. Pengadilan Agama Pelaihari memiliki beberapa putusan yang menerapkan SEMA No. 3 Tahun 2018, mengabulkan nafkah „iddah dan mut‟ah walaupun tidak diminta. Dari permasalahan ini penulis tertarik untuk meneliti beberapa hal yakni: 1) Bagaimana putusan hakim yang memberi nafkah „iddah dan mut‟ah dalam kasus cerai gugat; 2) Bagaimana pertimbangan hukum hakim dalam menerapkan SEMA No. 3 Tahun 2018 di Pengadilan Agama Pelaihari. Jenis penelitian ini ialah penelitian hukum normatif, dengan mengkaji dan meneliti dokumen hukum dari lima putusan Pengadilan Agama Pelaihari. Adapun pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan analitis (analytical approach), dengan menganalisis dan mencari makna hukum yang terkandung dalam perundang-undangan dengan begitu penulis memperoleh pengertian atau makna baru dari istilah hukum dan menguji penerapannya secara praktis. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah studi dokumen dengan mencari variable melalui dokumen terkait dengan lima putusan Pengadilan Agama Pelaihari. Simpulan dari penelitian ini bahwa lima putusan hakim yang memberikan nafkah „iddah dan mut‟ah mengabulkan apa yang sebenarnya tidak diminta oleh penggugat. Dan pertimbangan hukum hakim dalam menerapkan SEMA No. 3 Tahun 2018 di Pengadilan Agama Pelaihari telah terimplementasi dengan baik, meskipun disandingkan dengan SEMA No. 2 Tahun 2019 dan Yurisprudensi Mahkamah Agung.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Users 6417 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2021 02:57
Last Modified: 28 Jul 2021 02:57
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16616

Actions (login required)

View Item View Item