EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PEMBATALAN AKAD ISTIṢNĀ’ PADA JUAL BELI PESANAN MAKANAN BASAH SECARA ONLINE DI KABUPATEN BANJAR

Putri, Terry Vanie Paramita Aisha (2021) PEMBATALAN AKAD ISTIṢNĀ’ PADA JUAL BELI PESANAN MAKANAN BASAH SECARA ONLINE DI KABUPATEN BANJAR. Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (236kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (593kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (886kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (450kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (820kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (332kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (449kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Istiṣnā’ di definisikan dengan perjanjian jual beli pesanan antara penjual dan pembeli. Dalam kontrak ini penjual menerima pesanan dari pembeli untuk membuatkan sesuatu dengan spesifikasi yang telah di sepakati kedua belah pihak yang bersepakat atas harga, sistem pembayaran yaitu dilakukan di muka, cicilan, atau ditangguhkan sampai waktu yang telah ditentukan. Pada persoalan kali ini praktik akad Istiṣnā terjadi pada pemesanan pada jenis makanan basah yang dilakukan secara online dengan menggunakan sosial media sebagai wadah perjanjian. Adapun praktik yang dilakukan secara online ini mengakibatkan salah satu pihak mengalami kerugian dikarenkan pembatalan akad sepihak selama akad ini masih berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik akad Istiṣnā yang dilakukan penjual makanan basah secara online serta mengetahui penyelesaian dari kedua belah pihak ketika salah satunya melakukan pembatalan yang berakibat kerugian kepada salah satu pihak. Penelitian ini merupakan penelitian empiris dalam bidang hukum Islam. Kerenanya untuk memperoleh data yang diperlukan, penulis menggunakan faktafakta empiris yang diambil dari perilaku manusia, baik perilaku verbal yang didapat dari wawancara maupun perilaku nyata yang dilakukan melalui pengamatan langsung. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode induktif yaitu dengan cara atau jalan yang dipakai untuk mendapatkan ilmu pengetahuan ilmiah dengan bertitik tolak dari pengamatan atas hal-hal atau masalah yang bersifat khusus, kemudian menarik kesimpulan yang bersifat umum. Oleh sebab itu penelitian ini menghasilkan temuan, Pertama: pada praktik akad Istiṣnā’ ini pada ketentuan rukun dan syarat telah sesuai dengan ketentuan hukum Islam dan Kedua, penyelesaian yang dilakukan para pihak pada penelitian ini menghasilkan 2 macam yaitu penyelesaian dengan cara kekeluargaan dan salah satu pihak yang dirugikan dapat menerapkan hak khiyar kepada pihak lainnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Users 6417 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2021 01:49
Last Modified: 09 Aug 2021 01:49
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16872

Actions (login required)

View Item View Item