EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pelaksanaan Program Tahfiz Al-Qur’an Kelas V Secara Daring di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 8 Hulu Sungai Tengah

Jannah, Misbahul (2021) Pelaksanaan Program Tahfiz Al-Qur’an Kelas V Secara Daring di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 8 Hulu Sungai Tengah. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (477kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (442kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (738kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (362kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (445kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (446kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Al-Qur’an adalah kalamullah yang menjadi pedoman hidup bagi manusia. Al-Qur’an menjadi satu-satunya kitab suci yang dihafalkan oleh banyak manusia di dunia ini. Covid 19 yang melanda Indonesia sekarang ini menimbulkan aktivitas-aktivitas yang sebelumnya dilakukan dengan langsung tidak lagi dilakukan, salah satunya seperti kegiatan belajar mengajar. Khususnya pada pelaksanaan program tahfiz Al-Qur’an, karena hal itu peneliti termotivasi untuk meneliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program tahfiz Al-Qur’an kelas V secara daring di MIN 8 Hulu Sungai Tengah dilihat dari metode yang digunakan dan bagaimana evaluasinya dan juga faktor- faktor yang menghambat dan faktor yang mendukung. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research) yang dilakukan dengan terjun ke lapangan secara langsung untuk meneliti bagaimana pelaksanaan program tahfiz dan kendala apa saja yang di alami guru MIN 8 Hulu Sungai Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu pendekatan yang digunakan sebagai prosuder penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Objek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan program tahfiz Al-Qur’an kelas V secara daring di MIN 8 Hulu Sungai Tengah dan juga faktor-faktor yang mempengaruhinya, sedangkan yang menjadi subjek penelitiannya adalah Kepala sekolah MIN 8 Hulu Sungai Tengah, 3 Orang Wali kelas V dan 9 orang Siswa kelas V. Berdasarkan hasil analisis data, pelaksanaan program tahfiz kelas V masa pandemi ini dilakukan dengan cara daring yaitu para siswa tetap menyetorkan hafalannya melalai video Call atau mengirimkan video ke wali kelas masing- masing, waktu penyetorannya tetap sama dengan tatap muka biasanya yaitu jam 07.30-08.00. 30 menit sebelum pelajaran dimulai. Pelaksanaan program tahfiz Al- Qur’an ini meliputi 3 aspek yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada aspek perencanaan kepala sekolah dan guru-guru merencanakan program tahfiz Al-Qur’an ini yaitu dengan mengadakan rapat, pada aspek pelaksanaan adalahdapat dilihat dari metode yang digunakan guru dan siswa gunakan. Diantaranya adalah metode wahdah dan metode sima’i. Dan pada aspek evaluasi, evaluasi dilakukan 2 kali yaitu evaluasi harian dan evaluasi per semester dengan aspek penilaian nya ada 4 macam yaitu, kelancaran, fashahah, tajwid dan sikap. Faktor-faktor yang mempengaruhi dilaksanakannya program tahfiz Al-Qur’an ini diantaranya adalah ada faktor pendukung dan faktor penghambat, faktor pendukung pelaksanaan program ini adalah niat, dukungan orang tua dan guru, sedangkan faktor penghambat dilaksanakannya program tahfiz Al-Qur’an ini adalah akses internet, tingkat kecerdasan dan kerja sama dengan orang tua.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Wahidah Wahidah Wahidah
Date Deposited: 27 Oct 2021 23:48
Last Modified: 27 Oct 2021 23:48
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17382

Actions (login required)

View Item View Item