EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PEMBELAJARAN WUDHU MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SANTRI TKA/TPA UNIT 249 NURUR RAHMAN BANJARMASIN

Annisah, Siti (2021) PEMBELAJARAN WUDHU MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SANTRI TKA/TPA UNIT 249 NURUR RAHMAN BANJARMASIN. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
1. PERNYATAAN.pdf

Download (104kB)
[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (346kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (162kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (237kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (117kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (246kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Praktik ibadah dalam mata pelajaran PAI merupakan aspek psikomotorik yang harus diperhatikan oleh guru. Keterampilan ini sangat penting karena peserta didik diharapkan mampu dan terampil dalam melaksanakan apa yang menjadi tujuan pembelajaran PAI. Ada beberapa mata pelajaran yang didalamnya membelajarkan keterampilan kepada siswa salah satunya berwudhu. Praktek wudhu sama halnya praktek sholat juga merupakan bagian yang sangat penting dipelajari karena akan mereka gunakan seumur hidup mereka. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang di lakukan dengan mengambil lokasi di TKA/TPA Unit 249 Nurur Rahman Banjarmasin. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Objek penelitian ini adalah Pembelajaran wudhu melalui metode demonstrasi pada santri TKA/TPA Unit 249 Nurur Rahman Banjarmasin, sedangkan subjek penelitian ini adalah lima orang guru Bacaan sholat di TKA/TPA Unit 249 Nurur Rahman Banjarmasin. Teknik yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumenter. Setelah data terkumpul selanjutnya diproses melalui editing dan klasifikasi data secara diskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa; dalam proses pembelajaran Wudhu pada anak santri, guru tidak membuat perangkat pembelajaran meliputi RPP, PROMES, PROTA dan silabus. Dalam proses pembelajaran guru hanya menyiapkan materi ajar, memilih metode yang tepat sesuai dengan materi yang diajarkan dan sesuai dengan kemampuan peserta didik, menyiapkan media yang akan digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Namun sangat disayangkan guru tidak melakukan evaluasi terhadap gerakan-gerakan wudhu santri maupun menguji santri mengenai wudhu. Setiap hari senin dan jum’at seluruh guru dan santri melaksanakan shalat ashar berjama’ah, pada kesempatan tersebut tidak digunakan guru untuk melakukan evaluasi terhadap santri yang melakukan wudhu ketika hendak sholat , padahal evaluasi adalah bagian yang sangat penting untuk mengukur keberhasilan guru dalam mengajar. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran wudhu pada santri di TKA/TPA Unit 249 Nurur Rahman Banjarmasin yaitu faktor guru, yakni berdasarkan latar belakang pendidikan yang dimiliki oleh guru sangat sesuai dengan pembelajaran bacaan sholat. Faktor santri, individu yang memiliki karakter yang berbeda sehingga guru harus memahami santri dan tipe belajar antara satu individu dengan yang lain. Faktor fasilitas, fasilitas pembelajaran yang masih kurang memadai seperti kurangnya kipas angina, alat peraga dan LCD. Dan faktor waktu, pembelajaran wudhu di TKA/TPA Unit 249 Nurur Rahman Banjarmasin hanya 1x30 menit dalam seminggu.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 14 Jan 2022 08:58
Last Modified: 14 Jan 2022 08:58
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17915

Actions (login required)

View Item View Item