EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KEJUJURAN DI SMA IT QARDHAN HASANA BANJARBARU

Nugraha, Gusti Muhammad Thoriq (2021) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KEJUJURAN DI SMA IT QARDHAN HASANA BANJARBARU. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
1. Scan Keaslian Tulisan.pdf

Download (35kB)
[img] Text
2. BAGIAN AWAL.pdf

Download (931kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (29kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (168kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (70kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (236kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (100kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Skripsi ini membahas tentang Implementasi Nilai-Nilai Kejujuran Di SMA IT Qardhan Hasana Banjarbaru, adapun permasalahan dalam penelitian ini yaitu: mengetahui proses implementasi nilai-nilai kejujuran di SMA IT Qardhan Hasana Banjarbaru dan faktor pendukung serta penghambat dalam implementasi nilai-nilai kejujurandi SMA IT Qardhan Hasana Banjarbaru, kejujuran merupakan penguatan budaya dan karakter bangsa saat ini yang sangat penting, terkait fakta bahwa masalah kebangsaan dan penyimpangan sosial terjadi akibat pengabaian terhadap nilai-nilai dan karakter yang telah menjadi jati diri bangsa. Persoalan budaya dan karakter bangsa kini menjadi sorotan tajam masyarakat. Sorotan itu mengenai berbagai aspek kehidupan, yang tertuang dalam berbagai tulisan di media cetak, wawancara, dialog, dan gelar wicara di media elektronik. Selain dimedia massa, para pemuka masyarakat, para ahli, dan para pengamat pendidikan berbicara mengenai persoalan budaya dan karakter bangsa ini di berbagai forum, baik pada tingkat lokal, nasional, maupun internasional. Beragam persoalan bangsa ini yang muncul di masyarakat seperti korupsi, kekerasan kejahatan seksual, perusakan, perkelahian massa, kehidupan ekonomi yang konsumtif, kehidupan politik yang tidak produktif, dan sebagainya menjadi topik pembahasan hangat di negara kita hari-hari ini. Berbagai alternatif penyelesaian diajukan seperti peraturan, undang�undang, peningkatan upaya pelaksanaan dan penerapan hukum yang lebih kuat. Namun suatu alternatif yang sangat berpengaruh dalam mengatasi hal ini adalah pendidikan dan proses pembelajaran yang mengintegrasikan nilai-nilai kejujuran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan secara kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer dan data sekunder. Selanjutnya metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap dua orang terkait yaitu kepala sekolah SMA IT Qardhan Hasana Banjarbaru, yang kedua Guru mata pelajaran PAI SMA IT Qardhan Hasana Banjarbaru. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru setelah orang tua di sekolah sangat penting dalam proses implementasi nilai-nilai kejujuran di sekolah dimulai dari cara pendekatan serta cara mengajar yang dilakukan para guru di sekolah membuat kejujuran menjadi perihal yang harus terjaga bagi guru dan peserta didik, didukung dengan kegiatan intra maupun ekstra sekolah dalam membina akhlak kejujuran menjadi faktor pendukung, serta peraturan sekolah yang dibuat sebagai penunjang yang baik serta ditaati bersama.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 17 Jan 2022 02:20
Last Modified: 17 Jan 2022 02:20
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17917

Actions (login required)

View Item View Item