EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

KONSEP TAWA DALAM BUKU TERAPI TAWA ALA RASULULLAH KARYA THAYIB AL-BAIHAQI MENURUT PERSPEKTIF AKHLAK TASAWUF

Maisarah, Maisarah (2021) KONSEP TAWA DALAM BUKU TERAPI TAWA ALA RASULULLAH KARYA THAYIB AL-BAIHAQI MENURUT PERSPEKTIF AKHLAK TASAWUF. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (264kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (860kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (504kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (273kB)

ABSTRAK

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi karena mengingat pentingnya keluhuran akhlak yang harus dimiliki seorang manusia di atas segalanya. Terlebih tidak semua orang yang berakhlak, mempunyai pusat tujuan terakhir kepada Tuhan-Nya. Fokus penelitian ini adalah menawarkan kepada seluruh umat muslim dunia untuk mengamalkan konsep tawa dari buku Terapi Tawa Ala Rasulullah karya Thayib Al-Baihaqi menggunakan perspektif ilmu akhlak dan tasawuf untuk mengetahui yang mana kategori akhlak mahmudah dan yang mana akhlak madzmumah sehingga ketika konsep yang diinginkan sudah mencapai tujuan, maka konsep tawa ini juga digunakan sebagai wasilah ketuhanan seorang hamba untuk mendekatkan diri kepada Allah dan Rasulnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan, yang mana data yang diambil untuk penelitian ini digali dari buku-buku dan literatur lainnya yang berkenaan dengan permasalahan yang diteliti. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis isi eksplanatif, yaitu analisis yang di dalamnya terdapat pengujian hipotesis tertentu, juga mencoba membuat hubungan antara satu variabel dan variabel lain dengan rumusan bagaimana konsep tawa dalam buku Terapi Tawa Ala Rasulullah yang ditulis oleh Thayib Al-Baihaqi dan bagaimana konsep tawa dalam buku Terapi Tawa Ala Rasulullah karya Thayib Al-Baihaqi menurut pandangan Akhlak dan Tasawuf. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa tertawa merupakan hal alami yang berada pada lahiriah manusia. Tertawa bisa dijadikan sebagai suatu yang berkualitas dan penuh manfaat jika difungsikan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam agama Islam, yakni dengan memberlakukannya sesuai porsi dan batasan yang dijelaskan dalam al-Qur’an dan Hadits, salah satunya adalah berpegang pada konsep tawa yang dipraktikkan oleh Nabi kita Muhammad Saw. Dari buku Terapi Tawa Ala Rasulullah ini, peneliti telah mengambil beberapa pokok pembahasan yang menjadi dasar analisis dengan menggunakan perspektif akhlak dan tasawuf. Mengingat banyaknya keindahan akhlak yang bisa kita lihat dari teladan Nabi Muhammad saw dan nilai tasawuf yang berperan penting dalam proses perjalanan seorang hamba dalam mendekatkan diri kepada Allah swt. Perspektif akhlak tasawuf adalah dua visi misi yang tidak dapat dipisahkan, semuanya saling berhubungan dan berjalan beriringan.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Raisya Hani Syanie
Date Deposited: 19 Jan 2022 04:24
Last Modified: 19 Jan 2022 04:24
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/17930

Actions (login required)

View Item View Item