EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Praktik Jual Beli Buah Mangga Yang Masih Dalam Bentuk Bunga (Studi Kasus Di Desa Sei Rukam 1 Kec. Pugaan Kab. Tabalong)

Nahdiati, Nahdiati (2022) Praktik Jual Beli Buah Mangga Yang Masih Dalam Bentuk Bunga (Studi Kasus Di Desa Sei Rukam 1 Kec. Pugaan Kab. Tabalong). Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN .pdf

Download (227kB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (305kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (668kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB)
[img] Text
BAB III .pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB IV .pdf

Download (696kB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (204kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (425kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Mayoritas pencaharian masyarakat di Desa Sei Rukam 1 adalah bertani, menjual hasil pertanian sebelum waktu panen adalah sesuatu hal yang biasa dilakukan dan berlangsung secara turun temurun. Hal tersebut dikarenakan ada beberapa faktor diantaranya yaitu karena sistem penjualannya yang lebih mudah dan lebih cepat mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhan ekonomi, mengurangi biaya ketika panen dan risiko buah dimakan binatang atau dicuri orang lain serta keuntungannya yang lebih banyak. Dalam praktiknya, masyarakat melakukan transaksi jual beli buah mangga yang masih dalam bentuk bunga ini belum mengetahui secara jelas jumlah atau kuantitas bunga yang akan menjadi buah mangga yang siap untuk dipanen, sehingga rentan adanya unsur ketidakjelasan (garar) terhadap objek yang diperjualbelikan. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui praktik jual beli mangga yang masih dalam bentuk bunga di Desa Sei Rukam 1 Kecamatan Pugaan Kabupaten Tabalong. (2) Untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya praktik jual beli mangga yang masih dalam bentuk bunga di Desa Sei Rukam 1 Kecamatan Pugaan Kabupaten Tabalong. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian empiris, dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologis. Dalam hal pengumpulan data penulis menggunakan teknik wawancara. Kemudian data yang telah didapat tersebut diolah menggunakan analisis data kualitatif yaitu dimulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa praktik jual beli buah mangga yang masih dalam bentuk bunga ini meskipun dilakukan atas dasar suka sama suka tanpa adanya keterpaksaan, akan tetapi ada syarat dari ma’qūd ‘alaih yang tidak terpenuhi yaitu mangga yang masih dalam bentuk bunga ini belum jelas jumlah ataupun kuantitas bunga yang nantinya akan menjadi buah, sehingga dapat menimbulkan unsur garar dalam jual beli ini. Ulama fikih sepakat bahwa jual beli yang mengandung unsur garar adalah tidak sah. Sedangkan faktor penyebab penjual (pemilik pohon) dan pembeli melakukan jual beli buah mangga yang masih dalam bentuk bunga ini karena faktor ekonomi dan mengurangi biaya ketika panen seperti, upah memetik dan upah angkut serta pemilik pohon tidak ingin mengambil risiko seperti buahnya nanti dimakan binatang ataupun dicuri orang lain serta keuntungannya lebih banyak.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Users 6417 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2022 02:11
Last Modified: 24 Jan 2022 02:11
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18005

Actions (login required)

View Item View Item