EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Problematika Menghafal Alquran Pada Santriwati di Rumah Tahfidz Al-Haramain Banjarmasin

Barkiah, Barkiah (2022) Problematika Menghafal Alquran Pada Santriwati di Rumah Tahfidz Al-Haramain Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN .pdf

Download (29kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (319kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (5kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (459kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (22kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (390kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (103kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Pada zaman sekarang ini banyak berbagai pondok pesantren, yayasanyayasan dan berbagai macam lembaga baik formal maupun nonformal yang memfasilitasi dan menggiatkan dalam rangka mempelajari dan menghafal Alquran. Hal terpenting adalah kembali lagi bagaimana seorang individu bisa menjaga dan melestarikan hafalannya sehingga Alquran tetap ada dalam hatinya. Untuk melestarikan hafalan sangat diperlukan yang namanya keistiqamahan dan kemauan yang kuat untuk meluangkan waktu ditengah-tengah kesibukan yang ada. Penelitian ini berlatar belakang dengan melihat banyaknya sekolah khususnya dalam Lembaga/Yayasan Alquran, selalu ditemui santri yang mengalami kesulitan belajar dalam menempuh tujuan pengajaran. Misalnya, terdapat kesulitan terutama keliru membaca panjang pendek huruf maka keliru juga apa yang dihafalnya. Kenyataan tersebut merupakan kasus yang harus ditangani dan dipecahkan masalah kesulitannya agar tidak terganggu sehingga tujuan pengajaran dapat tercapai dan tingkat keberhasilan yang lebih tinggi dan merata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika santriwati dalam menghafal Alquran di Rumah Tahfidz Al-Haramain Banjarmasin dan solusinya. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Objek dalam penelitian ini adalah problematika yang dihadapi santriwati dalam mengahafal Alquran di Rumah Tahfidz AlHaramain Banjarmasin dan solusinya. Sedangkan subjek pada penelitian ini ialah santriwati sebanyak 15 orang santriwati yang memiliki hafalan lima juz. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa santriwati Tahfidz Al-Haramain menghadapi beberapa problematika, yaitu terkendala dalam membagi waktu, terlalu berambisi untuk menambah hafalan baru, sulit membedakan ayat yang mirip, serta adanya rasa malas dan kurang semangat. Beragam problema yang ada menuntut yayasan Al-Haramain dan juga ustadz/ah maupun santriwati Tahfidz Al-Haramain untuk aktif dan kreatif dalam belajar dan menghafal Alquran.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Users 6417 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2022 02:30
Last Modified: 28 Jan 2022 02:30
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18125

Actions (login required)

View Item View Item