EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Manajemen Peserta Didik Berkebutuhan Khusus di SMA Negeri 7 Banjarmasin

Andriannor, Muhammad (2022) Manajemen Peserta Didik Berkebutuhan Khusus di SMA Negeri 7 Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (553kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (439kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (854kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (766kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (681kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (842kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (445kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (656kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini, dilatar belakangi masalah tentang peserta didik berkebutuhan khusus tidak diperkenankan masuk ke sekolah umum layaknya dengan peserta didik normal lainnya, disebabkan pihak sekolah belum siap menampung peserta didik berkebutuhan khusus dikarenakan terdapat kekurangan pada sekolahnya, seperti tidak ada fasilitas yang memadai dan tidak ada GPK. Tujuan pada penelitian ini untuk mendeskripsikan manajemen peserta didik berkebutuhan khusus di sebuah sekolah inklusi mulai dari tahap perencanaan hingga ketahap kelulusan dan alumni peserta didik berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) yang langsung ke lapangan mencari sejumlah data yang diperlukan untuk mendeskripsikan manajemen peserta didik berkebutuhan khusus di SMA Negeri 7 Banjarmasin. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu pendekatan penelitian yang berfokus pada deskripsi yang didapatkan dari narasumber. Objek pada penelitian ini adalah SMA Negeri 7 Banjarmasin, sedangkan subjek pada penelitian ini adalah guru BK, WAKASEK HUMAS dan salah satu PPDB. Pengumpulan data diambil melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data telah terkumpul, maka dilakukan dengan teknik analisis data secara kualitatif melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan dan verifikasi. Hasil dari temuan pada penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa bentuk perencanaan peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah tersebut, terdapat ada kekurangan dan jenis-jenis berkebutuhan khusus terdapat dua tidak diperkenankan masuk. Bentuk pelaksanaan penerimaan peserta didik berkebutuhan khusus, terdapat ada kekurangan. Bentuk orientasi peserta didik berkebutuhan khusus, terdapat ada penggabungan. Bentuk pembagian kelompok peserta didik berkebutuhan khusus, terdapat ada penggabungan. Bentuk pencatatan kehadiran dan ketidakhadiran peserta didik berkebutuhan khusus, terdapat ada persamaan. Bentuk evaluasi peserta didik berkebutuhan khusus, terdapat ada perbedaan. Bentuk mutasi atau drop out peserta didik berkebutuhan khusus, tidak pernah terjadi. Bentuk pembinaan disiplin peserta didik berkebutuhan khusus, terdapat ada perbedaan. Bentuk kegiatan kurikuler dan non kurikuler sekolah pada peserta didik berkebutuhan khusus, tidak ada dibuat khusus. Bentuk standar kelulusan peserta didik berkebutuhan khusus, terdapat ada perbedaan. Bentuk hubungan vii alumni dari peserta didik berkebutuhan khusus dengan sekolah, terjalin dengan baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Users 6417 not found.
Date Deposited: 08 Feb 2022 01:27
Last Modified: 08 Feb 2022 01:27
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18331

Actions (login required)

View Item View Item