EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PERSEPSI SUAMI DAN ISTRI TENTANG STANDAR KELAYAKAN NAFKAH LAHIR KELUARGA DI KECAMATAN BANJARMASIN UTARA (STUDI KASUS 5 KELUARGA)

Subari, Muhammad Rizky (2022) PERSEPSI SUAMI DAN ISTRI TENTANG STANDAR KELAYAKAN NAFKAH LAHIR KELUARGA DI KECAMATAN BANJARMASIN UTARA (STUDI KASUS 5 KELUARGA). Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (158kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (596kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (73kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (73kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (798kB)

ABSTRAK

Penelitian ini bertolak dari adanya pandangan masyarakat dan juga ketentuan hukum positif mengenai standar kelayakan nafkah lahir keluarga yang relatif beragam atau multitafsir. Demikian juga ketika kita mengkaji mengenai kewajiban suami dalam memenuhi nafkah lahir keluarga, maka dapat dikatakan setiap suami beragam tingkat pendapatan dan perannya, adanya perbedaan tingkat loyalitas istri pada keluarganya, ataupun persepsi suami dan istri tentang ukuran kecukupan nafkah lahir keluarga yang erat berkaitan dengan atribut jenis dan besarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi suami dan istri tentang standar kelayakan nafkah lahir keluarga di Kecamatan Banjarmasin Utara, dan yang menjadi alasan dari suami dan istri tentang standar kelayakan nafkah lahir keluarga yang menjadi hak utamanya di Kecamatan Banjarmasin Utara. Penelitian ini merupakan penelitian hukum emperis (sosiologis) yaitu suatu penelitian hukum yang berusaha memperoleh datanya dari data primer atau data diperoleh secara langsung dari informan dan narasumber mengenai persepsi suami dan istri tentang standar kelayakan nafkah lahir keluarga. Di samping itu dilakukan pula kajian pustaka sebagai komparasi dalam memberikan analisis. Dari penelitian kualitatif ini didapat kesimpulan: Pertama, persepsi suami dan istri tentang standar kelayakan nafkah lahir keluarga di Kecamatan Banjarmasin Utara relatif beragam dimana suami memprioritaskan pemenuhan sesuai kemampuan dan perkembangan keluarga, kebutuhan pokok (sandang, pangan, papan dan pendidikan), dan sesuai kesepakatan (perjanjian pranikah); istri memprioritaskan kebutuhan sesuai kemampuan dan perkembangan keluarga, permintaan istri (kebutuhan keluarga dan pribadi), dan sesuai kesepakatan (perjanjian pranikah). Kedua, alasan suami dan istri tentang standar kelayakan nafkah lahir keluarga di Kecamatan Banjarmasin Utara bahwa nafkah lahir keluarga adalah kewajiban suami yang harus dipenuhi, meskipun kadar dan jenis nafkah itu tidak dijelaskan secara rinci dalam hukum syariah. Nafkah lahir keluarga yang paling baik diberikan harus melihat kedudukan sosial dan kemampuan suami dan isteri, dalam arti tidak berlebih sehingga memberatkan suami dan tidak terlalu sedikit sehingga menyusahkan istri. Dalam hal apabila nafkah lahir keluarga tersebut tidak terpenuhi maka diyakini akan berdampak kurang baik yaitu keluarga hidup dalam kemiskinan dan kesusahan, kurang bahagia, hilangnya wibawa suami atau bahkan terjadi perceraian.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: SH Muhammad Zaki Mubarak Asmaran
Date Deposited: 11 Feb 2022 01:03
Last Modified: 11 Feb 2022 01:03
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18376

Actions (login required)

View Item View Item