EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PRAKTIK JUAL BELI PARFUM BURUNG WALET (STUDI KASUS DESA ULU BENTENG KECAMATAN MARABAHAN KABUPATEN BARITO KUALA)

FITRIADI, FITRIADI (2022) PRAKTIK JUAL BELI PARFUM BURUNG WALET (STUDI KASUS DESA ULU BENTENG KECAMATAN MARABAHAN KABUPATEN BARITO KUALA). Skripsi, Syariah.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN .pdf

Download (88kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (683kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (507kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (639kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (505kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (185kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (260kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Jual beli parfum burung walet yang dilakukan antara penjual dan pembeli di Desa Ulu Benteng dalam praktik jual beli tersebut tidak terpenuhinnya syarat sahnya barang yang diperjualbelikan bukan barang yang suci melainkan barang yang mengandung najis atau adanya campuran kotoran dalam proses pembuatannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktik, faktor-faktor serta dampak jual beli parfum burung walet di Desa Ulu Benteng Kecamatan Marabahan Kabupaten Barito Kuala. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris dengan pendekatan sosiologis mengunakan metode obervasi dan wawacara dengan para informan berjumlah 6 orang yaitu 3 orang penjual dan 3 orang pembeli parfum burung walet di Desa Ulu Benteng. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis ditemukan 3 orang penjual dan 3 orang pembeli parfum burung walet di Desa Ulu Benteng diperoleh 2 varian praktik yang berbeda. Fakta yang ditemukan dilapangan 2 informan penjual yang menjual jenis parfum sirip yang sesuai dengan rukun-rukun dan syarat jual beli yang diatur dalam fiqih hukum islam dan 3 informan penjual yang menjual jenis parfum ruangan tidak sesuai dengan salah satu rukun-rukun dan syarat jual beli dalam fiqih hukum islam, dan 3 informan pembeli dalam praktik jual beli parfum burung walet sudah sesuai dengan rukun-rukun dan syarat jual beli yang diatur dalam fiqih hukum islam. Adapun faktorfaktor yang melatar belakangi jual beli parfum burung walet ialah kebutuhan, harganya yang murah dan lokasi yang strategis dalam jual beli parfum burung walet. Para penjual parfum burung walet di Desa Ulu Benteng menggunakan Bai al-musawamāh, dampak jual beli parfum burung walet ini ialah pada keberhasilan menggunakan parfum burung walet dan membuka peluang usaha baru bagi penjual parfum. Alternatif selain menggunakan akad jual beli dalam transaksinya dapat juga menggunakan akad ujrah (upah) yaitu dengan mengupah atau membayar jasa atas usaha yang dilakukan untuk membuatkan parfum burung walet dengan memberikan uang atau imbalan atas jasa yang dilakukan.

Item Type: Skripsi
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: SH Muhammad Zaki Mubarak Asmaran
Date Deposited: 24 Feb 2022 02:59
Last Modified: 24 Feb 2022 02:59
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18591

Actions (login required)

View Item View Item