EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENERAPKAN AL-AKHLAK AL-KARIMAH PADA SISWA MAN KOTAWARINGIN TIMUR

Kartina, Kartina (2022) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENERAPKAN AL-AKHLAK AL-KARIMAH PADA SISWA MAN KOTAWARINGIN TIMUR. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (172kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (595kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (240kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (529kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (488kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Latar belakang penelitian ini ialah pentingnya peran guru akidah akhlak dalam memberikan suatu pendidikan al-akhlak al-karimah pada peserta didik. Guru sangat berperan dalam membantu perkembangan peserta didik untuk mewujudkan tujuan hidupnya secara optimal. Guru akidah akhlak selain berperan mengajarkan pengetahuan, siswa juga berperan penting dalam membentuk karakter dalam diri yang sesuai dengan ajaran Islam. Adapun permasalahan yang kerap terjadi adalah tentang akhlak siswa yang mana masih ada sebagian dari mereka belum bisa menunjukan ke arah perubahan akhlak yang baik. Berhubungan dengan permasalahan tersebut maka perlu adanya tindakan dari guru akidah akhlak untuk mengatasinya guna memberikan bekal akan tidak terperangkap dalam jurang bencana yang teramat dalam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian yaitu 1 orang guru akidah akhlak dan 9 orang peserta didik. Objek penelitian yaitu peran guru akidah akhlak dalam menerpakan al-akhlak al-karimah pada siswa MAN Kotawringin Timur. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah koleksi data, editing dan interpretasi data, sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa peran guru akidah akhlak dalam menerapkan akhlakal-karimah pada siswa MAN Kotawaringin Timur adalah: 1) guru sebagai pendidik menunjukkan sikap keteladanan, kedisiplinan dan pembiasaan kepada siswanya, 2) guru sebagai pembimbing contohnya adalah mengingatkan siswa untuk selalu mengingatkan untuk selalu bersikap baik, 3) guru sebagai motivator agar siswa semangat dan senang dalam melaksanakan pembelajaran, 4) guru sebagai evaluator berperan untuk tidak hanya memberikan penilaian berdasarkan kuantitasnya tapi juga dilihat dari kualitas akhlaknya. Contohnya kejujuran ketika mengerjakan suatu tugas. Faktor penghambat peran guru akidah akhlak dalam menerapkan al-akhlak al-karimah yaitu: 1) faktor dari siswa, 2) faktor dari lingkungan dan faktor penghambat 1) faktor dari orang tua dan 2) faktor sarana dan prasarana.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SH Muhammad Zaki Mubarak Asmaran
Date Deposited: 07 Mar 2022 00:30
Last Modified: 07 Mar 2022 00:30
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18675

Actions (login required)

View Item View Item