EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Peranan Orang Tua Dalam Membantu Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Quran Anak Di Rumah Tahfiz An-Nur Banjarmasin

Azhary, Zhulian (2022) Peranan Orang Tua Dalam Membantu Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Quran Anak Di Rumah Tahfiz An-Nur Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (72kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (473kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (840kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (975kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (604kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (833kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (627kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (417kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Semua dewan guru lembaga Rumah Tahfiz An-Nur sudah berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan hafalan Al-Quran anak, akan tetapi masih ada di antara seluruh santri yang kualitas hafalannya tidak terlalu meningkat. Peningkatan kualitas hafalan Al-Quran ini memang harus melibatkan orang tua dirumah karena pengaruh mereka terhadap anak sangat besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan orang tua Dalam Membantu Meningkatkan kualitas hafalan Al-Quran anak di Rumah Tahfiz An-Nur Banjarmasin. Dan untuk mengetahui faktor yang mendorong dan menghambat orang tua Dalam Membantu Meningkatkan kualitas hafalan Al-Quran anak pada kelas i’dad mubtadi I di Rumah Tahfiz An-Nur Banjarmasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian adalah 5 orang tua dari santri kelas I’dad Mubtadi I di rumah tahfiz An-Nur Banjarmasin. Objek penelitian ini adalah peranan orang tua Dalam Membantu Meningkatkan kualitas hafalan anak di rumah tahfiz An-Nur Banjarmasin. Informan yaitu guru, kepala sekolah dan sekertaris atau administrasi rumah tahfiz An-Nur Banjarmasin. Hasil Penelitian diketahui Peranan orang tua Dalam Membantu Meningkatkan kualitas hafalan Al-Quran anak di Rumah Tahfiz An-Nur Banjarmasin sangat baik berdasarkan beberapa langkah yang dapat dilaksanakan orang tua dalam peranannya mendidik anak yaitu: Orang tua sebagai panutan, Orang tua sebagai motivator anak, Orang tua sebagai pembimbing, Orang tua sebagai fasilitator anak dan Orang tua sebagai manajer bagi anak. Faktor yang pendorong dan penghambat orang tua Dalam Membantu Meningkatkan kualitas hafalan Al-Quran anak pada kelas i’dad mubtadi I di Rumah Tahfiz An-Nur Banjarmasin seringkali menjadi kendala Dalam Membantu Meningkatkan kulitas hapalan santri. Faktor pendorong berupa: 1) Pendidik/orang tua, 2) Peserta didik/Anak, 3) pengaturan waktu. Sementara faktor penghambat diantaranya kesehatan, kondisi tubuh, 2) Minat dan 3) Banyak anak yang belum mengenal tajwid.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Yulianti Herma
Date Deposited: 08 Mar 2022 05:36
Last Modified: 08 Mar 2022 05:36
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/18704

Actions (login required)

View Item View Item